UDiNus Repository

Lapak Barter : Pembaruan Sistem Tukar Menukar Barang dan Jasa yang Lebih Modern, Menyenangkan, dan Efektif dengan Menggunakan Aplikasi Berbasis Web dan Android

Prasetyo, Faid Ari and Wijaya, Bima Jati and Reza, Muhammad and Maulina, Septi and Febriana, Cindy Eka (2014) Lapak Barter : Pembaruan Sistem Tukar Menukar Barang dan Jasa yang Lebih Modern, Menyenangkan, dan Efektif dengan Menggunakan Aplikasi Berbasis Web dan Android. PKM-KC.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1587Kb) | Preview

    Abstract

    Negara - negara kuat dunia saat ini sedang mempersiapkan sistem barter yang canggih untuk bisa memfasilitasi perdagangan diantara mereka tanpa harus tergantung pada mata uang tertentu. Lewat aplikasi ini kita bisa saling barter barang-barang yang kita inginkan dengan suatu kelompok khusus tertentu yang dapat kita pilih, misalnya teman dari sosial media atau orang-orang dengan hobi yang sama. Dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan orang dalam melakukan barter dan mengajarkan kepada masyarakat untuk tidak begitu saja membuang barang yang sudah tidak mereka butuhkan dan lebih baik menukarnya kepada orang lain. Walau terkesan kuno, ternyata sistem barter ini ternyata memiliki banyak keuntungan. Lewat sistem barter ini mereka menjadi memiliki ikatan yang lebih baik dengan orang-orang yang bertransaksi dengan mereka. Sebuah traksasi ekonomi menjadi memiliki makna yang lebih baik. Untuk mengatasi minimnya modal usaha, kita juga bisa memilih sistem barter yang tidak membutuhkan modal uang. Dalam hal ini masyarakat bisa mencari produsen maupun pemasok yang memiliki produk komoditas cukup potensial, kemudian menawarkan diri untuk bekerjasama dan melakukan barter (pertukaran produk atau jasa) dengan bisnis yang dikelola. Strategi ini sudah banyak dilakukan para pelaku bisnis online dalam mempromosikan usahanya, yakni dengan bertukar link satu sama lain. Untuk aplikasi web yang canggih, aplikasi web menjadi lebih siap untuk menangani tugas-tugas sehari-hari pengguna. Untuk kebutuhan bisnis ini adalah sangat menghemat biaya. Dan Perkembangan aplikasi mobile berbasis android pun meningkat secara signifikan dalam kurun waktu satu tahun terakhir ini. Melihat dari kondisi seperti itu, pembuatan aplikasi berbasis web dan android yang berorientasi dalam tukar menukar barang dan jasa atau barter barang dan jasa bisa sangat membantu, sebagai wadah bagi masyarakat untuk bisa tukar menukar barang baru maupun bekas dan jasa. Karena tidak semua barang bisa didapatkan dengan uang. Dengan aplikasi berbasis web dan android yang berorientasi dalam tukar menukar barang dan jasa atau barter barang dan jasa tersebut, masyarakat bisa mendapatkan barang yang diinginkan tanpa mengeluarkan uang, hanya dengan menukar barang yang nilainya sebanding dengan barang yang akan ditukarkan. Mempermudah masyarakat untuk mengakses atau bertransaksi menggunakan aplikasi Android (smartphone). Karena pada era sekarang sudah banyak yang menggunakan Android sebagai alat penunjang komunikasi dalam dunia maya. Dan di Lapak Berter ini juga bisa saling bertukar jasa (saling bantu membantu) dalam menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan bantuan orang lain dan keahlian lain dalam proses penyelesaiannya. Jika sebuah tradisi sudah mulai dianggap kuno dan ditinggalkan, mungkin kitalah sebagai kaum muda yang harus berfikir bagaimana caranya mampu membuat tradisi tersebut menjadi lebih modern dan bisa diterima oleh masyarakat lagi.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Teknologi
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Teknologi
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 16 Dec 2014 10:52
    Last Modified: 16 Dec 2014 10:53
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14091

    Actions (login required)

    View Item