UDiNus Repository

Membangun Kembali Desa Santri Melalui Pendampingan Program PESANTREN ROAD SHOW: Solusi Mengatasi Kebobrokan Moral Remaja Berbasis Islamic Education Di Dusun Jambu Kidul, Kec Jambu, Kab Semarang.

Jayanti, Ratna Dwi and Rachmatullah, Agung and -, Fadhel and Darissalam, Mariska and Aritonang, Sartika Dewi (2014) Membangun Kembali Desa Santri Melalui Pendampingan Program PESANTREN ROAD SHOW: Solusi Mengatasi Kebobrokan Moral Remaja Berbasis Islamic Education Di Dusun Jambu Kidul, Kec Jambu, Kab Semarang. PKM-M.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (987Kb) | Preview

    Abstract

    Permasalah moral remaja yang terjadi di Desa Jambu sekarang ini dipengaruhi banyak faktor. Kenakalan remaja tersebut tak bisa semata-mata menyalahkan bahwa remajalah yang bersalah. Namun terbentuknya karakter remaja tak terlepas dari pendidikan dalam keluarga, yaitu orang tua dan juga lingkungan tempat tinggalnya. Faktor lainnya adalah agama sudah dipandang bukan hal penting dalam kehidupan. Permasalahan sosial yang dihadapi anak-anak dan remaja ini tidak bisa di berantas kecuali ada program pendampingan yang berkelanjutan agar tercipta pergaulan yang sehat, lingkungan yang religious dan produktif. Oleh karena itu, penulis menawarkan suatu solusi yaitu program pendampingan kepada masyarakat yang kami sebut dengan “Pesantren Road Show”,yaitu mengimplementasikan pendidikan lingkungan seperti di pesantren ke tengah-tengah masyarakat. Program ini mempunyai sasaran kegiatan yaitu kegiatan keagamaan meliputi halaqoh, kajian wanita mingguan, belajar Al Qur’an, Seminar kekeluargaan, dan kegiatan penunjang meliputi keolahragaan dan pelatihan. Tujuan utama penulis ialah memberikan pendampingan dari sisi moral untuk membentuk remaja-remaja yang berkualitas dengan akhlaq mulia dan religious. Serta harapannya terciptakan lingkungan baik masyarakat dusun jambu kidul khususnya dan Desa Jambu pada umumnya terutama pergaulan anak-anak dan remajanya.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 16 Dec 2014 11:33
    Last Modified: 16 Dec 2014 11:34
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14096

    Actions (login required)

    View Item