UDiNus Repository

Nasi “KoReng” Selimut (Nasi SingKOng GorRENG Selimut) Sebagai Pilihan Alternatif Bahan Makanan Pokok untuk Menumbuhkan Minat Berwirausaha

Mega V, Hexsa and Fatma, Aulia Ika and Adhi W., Kurniawan and Ramadhan, Tinton (2014) Nasi “KoReng” Selimut (Nasi SingKOng GorRENG Selimut) Sebagai Pilihan Alternatif Bahan Makanan Pokok untuk Menumbuhkan Minat Berwirausaha. PKM-K.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (607Kb) | Preview

    Abstract

    Ketergantungan pangan pada satu jenis (homogeny) dan membanjirnya pangan impor menjadikan Indonesia tamu di negeri sendiri. Secara perlahan masyarakat perlu Indonesia diajak kembali menerapkan pola pangan zaman sebelum orde baru. Dimana masyarakat kembali mengandalkan sagu, singkong,kentang, dan ubi-ubian sebagai bahan makanan utama. Dengan tujuan untuk mengurangi ketergantungan pada satu jenis komoditas pertanian saja. Apalagi ketidaktentuan cuaca karena perubahan iklim tidak jarang memicu terjadinya gagal panen. Selain itu, langkah ini merupakan salah satu cara meredam ketergantungan Indonesia terhadap pangan impor. Untuk itu kita harus mulai mencoba mengurangi konsumsi beras.Yang nanti nya akan berdampak pada berkurangnya impor beras.Tentu saja hal itu tetap harus diseimbangi dengan menambah konsumsi sumber karbohidrat lain selain beras .Salah satu caranya dengan mengganti beras yang biasa kita konsumsi dengan singkong.Serta kita dapat memanfaatkan bahan baku singkong untuk dijadikan salah satu alternatif untuk berwirausaha dan diolah menjadi makanan yang lebih menarik.Salah satunya yaitu olahan makanan Nasi Koreng Selimut yang berbahan dasar utama singkong menjadi pengganti beras.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 16 Dec 2014 12:24
    Last Modified: 16 Dec 2014 12:25
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14100

    Actions (login required)

    View Item