UDiNus Repository

PEMANFAATAN LIMBAH TAKABE (TAS KARUNG BERAS) UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN IBU RUMAH TANGGA DI DESA SELOSABRANG, KECAMATAN BEJEN, KABUPATEN TEMANGGUNG

Lero, Moses Paskalis and Agastya, Ramadya Galan and Indriyati, Tri Rezeki Yuni and Lero, Maria Fransiska (2014) PEMANFAATAN LIMBAH TAKABE (TAS KARUNG BERAS) UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN IBU RUMAH TANGGA DI DESA SELOSABRANG, KECAMATAN BEJEN, KABUPATEN TEMANGGUNG. PKM-M.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3261Kb) | Preview

    Abstract

    Tas karung beras merupakan suatu bentuk kreatifitas dalam pemanfaatan limbah rumah tangga yaitu karung bekas tempat beras. Selama ini karung bekas tempat beras hanya dibuang begitu saja, atau hanya dimanfaatkan untuk tempat menyimpan barangbarang yang sudah tidak dimanfaatkan lagi. Kebanyakan dari ibu-ibu rumah tangga membuang sampah antara lain karung beras bekas ke dalam sungai yang di kemudian hari dapat menimbulkan banjir. Namun kini hal-hal tersebut dapat diantisipasi dengan cara mendaur ulang limbah karung beras menjadi beragam tas yang serba guna. Selain dapat dimanfaatkan dari segi keindahan, hasil kegiatan ini dapat memberikan nilai ekonomis sebagai penghasilan tambahan. Pembuatan tas daur ulang dari karung beras ini juga membantu merealisasikan himbauan dari pemerintah untuk mengurangi penggunaan tas plastik. Seperti yang kita ketahui selama ini penggunaan tas plastik yang tidak mudah dimusnahkan, dapat menyumbang tingkat keparahan global warming. Kegiatan ini mudah dilakukan karena tidak memerlukan banyak peralatan dan biaya sehingga dapat dijadikan rutinitas para ibu rumah tangga di sela-sela kegiatan mereka di rumah. Tujuan dari pengusulan PKMM ini adalah meningkatkan aktivitas ibu rumah tangga dengan pembuatan tas karung beras, memanfaatkan limbah karung beras menjadi tas daur ulang yang mempunyai nilai keindahan dan ekonomis dan mengembangkan kreatifitas ibu rumah tangga dalam memanfaatkan limbah rumah tangga. Tempat pelatihan berada di Desa Selosabrang Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung. Adapun pelatihan ini diadakan setiap minggu selama 2 bulan dengan total pertemuan 8 kali.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 16 Dec 2014 15:02
    Last Modified: 16 Dec 2014 15:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14111

    Actions (login required)

    View Item