UDiNus Repository

PEMBERDAYAAN IBU-IBU RUMAH TANGGA DI DESA BAKARAN WETAN, JUWANA, PATI MELALUI PELATIHAN PENCABUTAN DURI IKAN BANDENG UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN BAGI KELUARGA

Agustina, Unik and Bagaskoro, Haryo and Apriliasari, Nia (2014) PEMBERDAYAAN IBU-IBU RUMAH TANGGA DI DESA BAKARAN WETAN, JUWANA, PATI MELALUI PELATIHAN PENCABUTAN DURI IKAN BANDENG UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN BAGI KELUARGA. PKM-M.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1476Kb) | Preview

    Abstract

    Setiap manusia harus mempunyai ketrampilan dan keahlian yang lebih jika ingin bersaing di dunia kerja dan tidak tertinggal oleh orang lain yang mempunyai kemampuan yang lebih mumpuni. Di era globalisasi pada jaman sekarang, jika kita tidak siap dengan tantangan kerja yang semakin ketat tentu kita akan jauh tertinggal dengan orang lain bahkan negara lainnya. Maka dari itu ketrampilan mutlak dimiliki setiap orang, utamanya bagi kita yang ingin maju dan berkembang agar mencapai kehidupan yang lebih sejahtera. Untuk itu, kebutuhan ketrampilan yang lebih kreatif dan mumpuni harus dipelajari dan dikembangkan. Salah satunya kita dapat menggali potensi lokal yang melimpah namun belum tergarap dan dilirik untuk dijadikan tambahan ketrampilan yang dapat dijadikan tambahan pendapatan. Kurangnya perhatian kepada ibu-ibu rumah tangga terhadap kreativitas yang dimiliki, agar dapat berkembang dan menjadi ibu-ibu rumah tangga yang mandiri dan mendorong penulis agar dapat memecahkan permasalahan tersebut. Dalam hal ini, pelatihan akan diberikan kepada ibu – ibu rumah tangga khususnya di Desa Bakaran Wetan, Juwana, Pati. Dengan melihat potensi ikan bandeng di desa tersebut yang melimpah namun belum diberdayakan ddan dimanfaatkan secara optimal, penulis ingin mengadakan suatu pelatihan. Pelatihan yang diharapkan dapat memberdayakan potensi lokalyaitu pelatihan pencabutan duri ikan bandeng dan pengolahannya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Juwana adalah penghasil ikan bandeng yang besar namun kebanyakan hanya dijual mentah dan tidak dikembangkan untuk hal lain yang dapat dijadikan tambahan pendapatan. Pelatihan yang diharapkan dapat berdampak positif bagi ibu-ibu rumah tangga mengingat banyak ibu rumah tangga yang mempunyai banyak waktu luang yang terbuang karena sebagai ibu rumah tangga saja ataupun belum memiliki pekerjaan. Apalagi jika dilihat, minat ibu rumah tangga terhadap ketrampilan baru cukup besar, namun tidak ditunjang dengan ketrampilan yang memadahi. Padahal jika kita mau memberikan perhatian lebih untuk memberikan pelatihan kepada mereka tentu dapat bermanfaat dan ketrampilan pencabutan duri bandeng dan pengolahannya ini pada akhirnya dapat membantu perekonomian keluarga.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 16 Dec 2014 16:03
    Last Modified: 16 Dec 2014 16:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14117

    Actions (login required)

    View Item