UDiNus Repository

PENINGKATAN COMPETITIVE ADVANTAGE KUNSORA (KAIN TENUN TROSO JEPARA) MELALUI WIRAUSAHA DAN PELESTARIAN WARISAN BUDAYA LOKAL INDONESIA

Prihatiningtyas, Eko and Hapsari, Retno and Hafiz Z , Muhammad and Dhiba, Shania and Hidayah, Dyah Nur (2014) PENINGKATAN COMPETITIVE ADVANTAGE KUNSORA (KAIN TENUN TROSO JEPARA) MELALUI WIRAUSAHA DAN PELESTARIAN WARISAN BUDAYA LOKAL INDONESIA. PKM-K.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3611Kb) | Preview

    Abstract

    Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara adalah sentra kerajinan Kunsora (Kain Tenun Troso Jepara) yang merupakan produk unggulan Kabupaten Jepara setelah industri mebel dan pariwisatanya. Desa ini terletak sekitar 15 Km arah Tenggara Kota Jepara. Kain tenun troso Jepara ini diproduksi oleh masyrakat sekitar sendiri tanpa alat bantu mesin. Motif khas yang bernuansa etnis, tradisional, klasik, dan unik pun masih dipertahankan pada kain tenun troso disamping motif kontemporer modern. Kain tenun torso Jepara sejauh ini hanya dinikmati masyarakat dalam bentuk pakaian dinas kerja ataupun pakaian formal. Oleh karena itu kami akan menciptakan product tangible berbahan baku kain tenun torso Jepara dalam bentuk lain seperti, peci, jilbab, tas, pakaian modern dan lain-lain. Hal tersebut kami kerjakan agar produk lokal ini bisa bersaing di pasar regional maupun global serta tidak hanya menjadi peluang usaha musiman. Dalam pelaksanaannya kami akan memperkerjakan pengerajin torso di desa Pecangaan yang selama ini hanya dapat menciptakan produk dalam bentuk bahan setengah jadi saja. Selain itu selama kurang lebih 5 (lima) bulan kami juga memperhatikan metode STP (Segmentation, Targeting and Positioning) terhdap produk inovasi kami guna keberlanjutan usaha ini. Sedangkan dalam menentukan harga pokok produk kami tentunya telah mensurvei harga pasar pada umumnya. Sesuai manfaat yang kami harapkan yakni mendapatkan profit, tentunya kami menentukan harga dengan menghtung total cost dan biaya operasionalnya. Pemasaran yang kami tujukan adalah direct selling dan e-commerce dimana seluruh pemasaran yang kami lakukan secara langsung dan melalui media social sehingga target market produk kami bisa berada pada pasar global dan menghasilkan omzet besar. Dengan metode STP tersebut kami optimis produk baru ini bisa mendapatkan loyalitas konsumen dalam jangka waktu panjang dan mampu meningkatkan keunggulan bersaing. Dan harga pokok yang kami tentukan akan berdampak untuk keberlanjutan usaha kami, yakni dapat memberikan gaji karyawan sesuai UMR yang berlaku dan tentunya dengan tujuan tersebut kami sebagai pelaku usaha dapat membuka lapangan kerja baru bagi pengangguran serta membatu mengurangi beban negara pada khususnya. Untuk keberlanjutan usaha ini kami akan mengevaluasi produk – produk kami secara berkala dan meningkatkan keunggulan bersaing terus menerus. Karena produk kami termasuk produk yang cukup unik sudah sebaiknya usaha ini terus dikembangkan sebagai salah satu program pengentasan pengannguran dan mengembangkan kecintaan terhadap kain tradisional.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 17 Dec 2014 10:56
    Last Modified: 17 Dec 2014 10:57
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14129

    Actions (login required)

    View Item