UDiNus Repository

PENINGKATAN NILAI EKONOMIS LIMBAH TAHU MENJADI NATA DE SOYA SEBAGAI UPAYA WIRAUSAHA YANG KREATIF DAN INOVATIF

Hidayah, Dyah Nur and Prihatiningtyas, Eko and Wardani, Dinar Ayu and Santoso, Budy (2014) PENINGKATAN NILAI EKONOMIS LIMBAH TAHU MENJADI NATA DE SOYA SEBAGAI UPAYA WIRAUSAHA YANG KREATIF DAN INOVATIF. PKM-K.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1909Kb) | Preview

    Abstract

    Limbah tahu jika hanya dibiarkan saja akan menimbulkan bau busuk jika disimpan lebih dari 12 jam. Dengan memperhatikan banyaknya limbah dalam pembuatan tahu maka perlu dilakukan inovasi dalam pemanfaatan limbah tahu sebagai bahan baku pembuatan nata. Kami menggunakan limbah tahu agar bisa menjadi produk yang bernilai (product value). Tujuan dari inovasi limbah tahu ini untuk memberdayakan masyarakat setempat (pengrajin kedelai) sehingga bisa mengentaskan pengangguran, menciptakan peluang usaha dan menjadi pendapatan bagi pengelolanya. Produk ini berorientasi pada profit, mendapat untung sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bahan yang murah tapi bergizi. Kami akan menentukan harga pokok produk ini dengan menghitung total harga dan biaya operasinalnya. Target khusus kami yaitu untuk menciptakan produk nyata. Nanti produk ini akan dilanjutkan (suntainable planning product).Metode cara promosi kami dengan melalui internet akan dipromosikan lewat facebook dan web atau blogspot lainnya seperti: berniaga.com, kaskus.us, dll. Serta melalui blog sendiri. Produk yang diproduksi ini bisa dipasarkan ke lokal (penjualan langsung), regional (pameran, public relation), global (e-commerce, pembuatan website, blogspot) sehingga bisa menghasilkan pendapatan.Dalam pelaksanaannya kami akan memberdayakan pengerajin kedelai di daerah Magelang. Disini mereka akan berperan sebagai karyawan dalam operasional produksi usaha kami .Selain itu selama kurang lebih 5 (lima) bulan kami juga memperhatikan metode STP (Segmentation, Targeting and Positioning) terhadap produk inovasi kami guna keberlanjutan usaha ini. Dengan metode tersebut kami optimis produk-produk baru kami bisa mendapatkan loyalitas konsumen dalam jangka waktu panjang.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 17 Dec 2014 14:00
    Last Modified: 17 Dec 2014 14:01
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14141

    Actions (login required)

    View Item