UDiNus Repository

PENERAPAN TEKNOLOGI GAME EDUKASI PENGENALAN ANGKA, WARNA, GEOMETRI, HEWAN, DAN PROFESI UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DAN TAMAN KANAK - KANAK (TK)

Purnamasari, Kurnia and Dewi, Istina Findi and Hikmah , Nur and Chrisna, Dedi (2014) PENERAPAN TEKNOLOGI GAME EDUKASI PENGENALAN ANGKA, WARNA, GEOMETRI, HEWAN, DAN PROFESI UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DAN TAMAN KANAK - KANAK (TK). PKM-T.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (335Kb) | Preview

    Abstract

    Seiring perkembangan zaman diera globalisasi sekarang ini, sebuah media pembelajaran menggunakan flash dapat memberikan banyak manfaat bagi pengguna. Dengan kemajuan zaman dan ditemukannya teknologi-teknologi yang mutakhir, telah banyak cara belajar efektif dikembangkan, yang dapat membantu mempercepat penyerapan pembelajaran ke otak siswa. Salah satunya adalah menggunakan media pembelajaran multimedia, yang membuat pembelajaran lebih interaktif dan efektif. Media pembelajaran ini bisa digunakan di berbagai instansi pembelajaran, seperti multimedia pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak– Kanak (TK). Dengan menggunakan media pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak–Kanak (TK), diharapkan dapat membantu tenaga pengajar untuk menyampaikan pelajaran kepada para siswa PAUD dan TK sehingga dapat mempermudah kegiatan belajar mengajar, membuat gaya pengajaran lebih menarik, dan mengurangi kejenuhan siswa saat belajar dan siswa akan lebih senang untuk belajar dan dapat dengan mudah mengingat pelajaran yang telah disampaikan oleh para pengajar. Serta dapat membantu memperlancar pembelajaran di suatu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak–Kanak (TK). Sebagai contoh aplikasi pendidikan berbasis multimedia ini sebagai sarana media pembelajaran anak usia dini dan taman kanak-kanak untuk memperoleh pembelajaran dan penyerapan materi oleh siswa secara efektif, mudah, dan efisien. Dengan memanfaatkan aplikasi yang diolah dengan menggunakan program multimedia Adobe Flash Professional CS3. Berdasarkan latar belakang di atas, Penulis ingin merancang suatu game edukasi dengan menggunakan media pembelajaran multimedia khususnya pada Pendidikan Anaka Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK). Karena dirasa aplikasi tersebut sangat diperlukan dalam dunia pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi beberapa tahap yaitu analisis, pengumpulan data, desain, pembuatan aplikasi, pengujian, implementasi ke mitra, serta evaluasi. Dengan direalisasikannya usulan ini, penulis berharap ada luaran berupa terciptanya game edukasi interaktif sebagai media pembelajaran di PAUD, dan artikel ilmiah penerapan teknologi pembelajaran interaktif berbasis multimedia. Penulis juga berharap luaran ini dapat dijadikan bahan pertimbangan atau rujukan bagi tiap-tiap lembaga pedidikan di Indonesia dalam upaya meningkatkan kualitas serta kinerja kegiatan belajar mengajar sehingga dapat membuat kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan efisien, referensi komparasi bagi mahasiswa lain dalam membuat suatu media pembelajaran yang interaktif pada lembaga pendidikan serta bahan acuan bagi pengembangan aplikasi selanjutnya.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Teknologi
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Teknologi
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 17 Dec 2014 14:27
    Last Modified: 17 Dec 2014 14:27
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14148

    Actions (login required)

    View Item