UDiNus Repository

Pemanfaatan Aplikasi Pemrograman Basisdata Berorientasi Obyek Pada Sistem Informasi Akademik Kurikulum 2013 untuk SD, SMP & SMA / Sederajat

Khakim, Indra Adinnur and Mawardi, Kholid and Setyawan, Kristian Adi and Kristianto, Billy Sari (2014) Pemanfaatan Aplikasi Pemrograman Basisdata Berorientasi Obyek Pada Sistem Informasi Akademik Kurikulum 2013 untuk SD, SMP & SMA / Sederajat. PKM-KC.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (833Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan pembuatan Sistem ini antara lain yaitu, memudahkan pihak sekolah maupun pihak siswa memperoleh segala informasi yang berhubungan dengan akademik dan non-akademik yang ada di sekolahan mereka. Kami ingin membantu pihak sekolah untuk mewujudkan hubungan tersebut agar informasi yang dibutuhkan pihak sekolah dan pihak siswa dapat terpenuhi dengan baik. Dalam hal mencakup berbagai aktifitas yang berkaitan dengan proses kegiatan belajar mengajar yang meliputi proses menginputan data guru, proses penginputan data siswa, proses penilaian, proses penentuan wali kelas, proses penentuan kenaikan kelas, proses penjadwalan mata pelajaran, absensi siswa dan e-learning. Sistem Informasi yang akan dibuat harus mencakup semua bagian keakademikan sekolah tersebut, agar informasi tersebut bisa dimanfaatkan oleh pengguna secara maksimal. Dengan tujuan tersebut kami berharap pembuatan sistem ini dapat mencakup semua tingkatan pendidikan yang ada di Indonesia. Metode yang digunakan dalam hal ini adalah perancangan Sistem Informasi menggunakan metode water fall (air terjun), penggunaan metode ini bertujuan untuk memudahkan kita untuk fokus dalam pengerjaan yang akan dilakukan secara bertahap. Setiap tahapan tersebut akan sangat berpengaruh pada tahapan berikutnya, dan apa bila terjadi masalah pada tahapan tersebut, maka kami akan kesulitan untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya. karenaa pada metode ini kami diwajibkan untuk benar-benar mengerti dengan baik kebutuhan pengguna nantinya seperti apa, maka dari itu jika kita menyelesaikan satu tahapan kemudian lanjut ke tahap berikutnya. Kita akan mengalami kesulitan untuk kembali ke tahapan yang ada diatasnya, karena tidak memungkinkan untuk kita melakukan perubahan kembali ke tahapan yang ada diatasnya tersebut. Akan tetapi keuntungan dari hal ini adalah kita bisa lebih fokus untuk mengevaluasi & menyelesaikan satu demi satu dari tahapan tersebut, kemudian melanjutkan ke tahapan yang berikutnya. dan hal ini dapat kita gunakan untuk menghemat waktu yang dibutuhkan untuk pembangunan sistem itu sendiri. Dikarenakan kebutuhan akan sistem yang banyak dan kefleksibelan dari sistem tersebut, kita bisa lebih fokus pada tahapan perancangan dan pengecekan perbagian-bagian yang sedang dibangun untuk memperoleh hasil kerja yang maksimal dari sistem tersebut, agar sesuai dengan kebutuhan dari pengguna sistem tersebut.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Teknologi
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa Teknologi
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Dec 2014 12:31
    Last Modified: 22 Dec 2014 12:32
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14203

    Actions (login required)

    View Item