UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN BEASISWA DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (STUDI KASUS SMA N 1 RANDUBLATUNG)

SUNARTO, (2015) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN BEASISWA DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (STUDI KASUS SMA N 1 RANDUBLATUNG). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (704Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      ABSTRAK Salah satu elemen dalam peningkatan mutu pendidikan dan kualitas siswa yang sedang melakukan proses kegiatan pembelajaran di sekolah adalah dengan diadakannya pemberian beasiswa bagi siswa tidak mampu ataupun siswa berprestasi. Tetapi kadang kala dalam proses perhitungan dan pengambilan keputusan sering terjadi kesalahan yang dipengaruhi oleh banyak faktor seperti contohnya karena jumlah siswa yang diajukan maupun mengajukan beasiswa banyak serta indikator kriteria yang digunakan juga banyak seperti yang telah disebutkan diatas, sehingga berdampak pada kesalahan pengambilan keputusan. Untuk memudahkan penyeleksi/User dalam menentukan penerimaan beasiswa maka perlu dibangun sebuah sistem pendukung keputusan untuk membantu penyeleksi dalam menentukan keputusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Additive Weighting ( SAW ). Metode SAW ini dipilih karena metode ini menentukan nilai bobot untuk setiap atribut [2], kemudian dilanjutkan dengan proses perangkingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, alternatif yang dimaksud adalah yang berhak menerima beasiswa berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Dengan metode perangkingan tersebut diharapkan penilaian penyeleksian penerima beasiswa lebih akurat kepada siapa beasiswa tersebut akan diberikan karena telah didasarkan pada nilai kriteria dan bobot yang telah ditentukan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 02 Mar 2015 11:54
      Last Modified: 02 Mar 2015 11:57
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14996

      Actions (login required)

      View Item