UDiNus Repository

PENGAMANAN PESAN TEXT DENGAN METODE KRIPTOGRAFI ADVANCE ENCRYPTION STANDART DAN STEGANOGRAFI MENGGUNAKAN METODE ECHO DATA HIDING DENGAN MEDIA AUDIO

ANTON, FITRIYANTO DWI (2015) PENGAMANAN PESAN TEXT DENGAN METODE KRIPTOGRAFI ADVANCE ENCRYPTION STANDART DAN STEGANOGRAFI MENGGUNAKAN METODE ECHO DATA HIDING DENGAN MEDIA AUDIO. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (245Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Aktivitas pertukaran informasi yang sangat besar memacu adanya pengembangan teknologi informasi untuk bisa menjaga kualitas pengiriman informasi. Kualitas yang dimaksud mengarah kepada keamanan sewaktu pengiriman informasi sehingga data yang dipertukarkan benar-benar tidak mengalami intervensi dari pihak lain yang tidak mempunyai previleges akan data tersebut. Salah satu ilmu yang dipakai sebagai dasar untuk mengembangkan teknologi pengamanan pengiriman data adalah steganografi. Pada Tugas Akhir ini dilakukan studi mengenai penerapan steganografi dengan teknik Echo data Hiding pada media audio WAV yang diimplementasikan diatas perangkat mobile phone. Oleh karena itu diperlukan juga studi terhadap representasi dan struktur WAV tersebut beserta strategi penerapannya pada perangkat mobile phone . Perangkat lunak yang dikembangkan pada Tugas Akhir ini bernama DinusStego yang berfungsi untuk melakukan steganografi pada media audio WAV. Pada Tugas Akhir ini, implementasi steganografi akan disertai dengan penerapan kriptografi berupa enkripsi dan dekripsi. Pesan yang sudah dienkripsi terlebih dahulu akan disembunyikan secara merata pada setiap offset pada WAV . Pembagian ini akan disesuaikan dengan panjang bit pesan beserta struktur dan jumlah sample yang ada. Pesan yang nantinya diekstraksi dari region harus didekripsi lagi agar mendapatkan pesan asli. Objek steganografi yang dihasilkan mengandung noise yang terlihat dari penurunan nilai kekuatan sinyal sehingga nilai PSNR cenderung menurun jika kapasitas pesan yang disembunyikan semakin besar dan sebaliknya.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 29 Apr 2015 14:08
      Last Modified: 29 Apr 2015 14:08
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15267

      Actions (login required)

      View Item