GALIH, NUGROHO MUJI (2015) TEXT TO AUDIOVISUAL MENGGUNAKAN METODE MORPHING VISEMES UNTUK PENGUCAPAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (733Kb) | Preview | |
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Dewasa ini bahasa Indonesia dianggap penting dan menarik untuk dipelajari. Terbukti dari program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) yang tersebar di 22 negara dan meningkatnya wisatawan asing berkunjung ke Indonesia setiap tahun. Sehingga pemahaman terhadap bahasa Indonesia sangat dibutuhkan bagi warga asing. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penulis membuat aplikasi text to audiovisual menggunakan metode morphing visemes untuk pengucapan bahasa Indonesia bagi penutur asing. Morphing visemes adalah perubahan bentuk viseme pertama hingga viseme terakhir. Diperlukan correspondence untuk mempertahankan bentuk objek. Forward warping, mengirim setiap pixel pada gambar pertama untuk menyesuaikan pixel pada gambar kedua. Cross-dissolve untuk mencampur dua gambar menjadi gambar peralihan. Selanjutnya proses sinkronisasi untuk menyesuaikan audio, teks, dan viseme. Hasilnya adalah aplikasi Text to Audiovisual Indonesia (TTAVI) dengan suara dan viseme Bahasa Indonesia. Dari pengujian Mean Opinion Score terhadap 30 responden untuk mendengarkan dan melihat kesesuaian viseme pada aplikasi TTAVI diperoleh rata-rata nilai MOS adalah 4,4196 dengan kategori nilai 1(buruk), 2(kurang), 3(cukup), 4(bagus), dan 5(sangat bagus) maka hasilnya adalah bagus. Dari penelitian ini penulis mengambil kesimpulan bahwa aplikasi TTAVI dapat membantu para penutur asing untuk belajar Bahasa Indonesia dengan lebih mudah dan interaktif.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 10:12 |
Last Modified: | 26 Nov 2015 10:12 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16725 |
Actions (login required)
View Item |