UDiNus Repository

PERANCANGAN APLIKASI GEOGRAPHIC INFORMATON SYSTEM (GIS) PENCARIAN RUTE TERPENDEK PETA PARIWISATA DI KABUPATEN SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY

MAFTAKHUL, FAUZI (2015) PERANCANGAN APLIKASI GEOGRAPHIC INFORMATON SYSTEM (GIS) PENCARIAN RUTE TERPENDEK PETA PARIWISATA DI KABUPATEN SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (775Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Pariwisata merupakan kegiatan perjalanan untuk rekreasi. Pariwisata di Indonesia mempuyai sebuah ciri khas tersendiri di bandingkan negara-negara lainnya. Dan tiap-tiap daerah maupun kota memiliki objek pariwisata yang di unggulkan sebagai ciri khasnya. Banyak berbagai jenis wisata di Kabupaten Semarang yakni wisata sejarah, wisata alam, wisata keluarga, wisata religi. Dengan adanya banyaknya tempat wisata makan tiap tahun wisatawan yang mengujungi tempat wisata dari tahun ketahun semakin meningkat. Untuk itu dengan melihat fakta peningkatan wisatawan maka di sistem baru ini akan dibuat sitem otomatis yang akan membantu wisatawan mudah dalam menemukan tempat wisata yakni dengan membuat Web GIS (Sistem Informasi Geografi) dengan Google Maps sebagai petanya. Pengembangan metode yang digunakan dalam aplikasi ini menggunakan model Waterfall. dan Untuk memperoleh hasil jalur terpendek, maka dibutuhkan metode yang tepat dalam pelaksanaannya yakni dengan menggunakan algoritma Ant Colony. Implementasi algoritma Ant Colony disini efektif untuk membangun aplikasi untuk menginformasikan rute/jalur terpendek dan efisien karena aplikasi ini diperlukan darurat ketika orang memerlukan cepat untuk mendapatkan informasi tentang rute yang terdekat ke tujuan mereka.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:12
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16781

      Actions (login required)

      View Item