UDiNus Repository

PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MUTU DAN KUALITAS PENDIDIKAN (Studi kasus pada MAN 1 Semarang)

MARZELINA, RAMADANI (2015) PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MUTU DAN KUALITAS PENDIDIKAN (Studi kasus pada MAN 1 Semarang). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (336Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3877b) | Preview

      Abstract

      Sistem Informasi telah berkembang pesat.Komputer sebagai unsur pendukung dari perkembangannya dari hanya sekedar alat pengolah data kemudian berkembang menjadi unsur pendukung sistem informasi dan sekarang telah merupakan suatu alat yang strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan dan daya saing institusi.MAN 1 Semarang merupakan yayasan berbasis islam yang sedang berkembang. Dalam sejarah perkembangannya, analisa peneliti masih menggunakan sistem informasi hanya sebagai alat pendukung pengolahan data dan belum menggunakan sistem informasinya sebagai alat yang strategis guna mendukung keunggulan kompetitifnya. Pada tugas akhir ini, kami angkat perencanaan strategis yang bagiamana agar sistem informasi dapat digunakan sebagai suatu alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam mencapai visi dan misi organisasinya. Metode yang kami gunakan menggunakan metode analisis SWOT, pemetaan Balance Scorecard, cascading, critical success factors dan menggunakan analisa portofolio (Mc Farlan) untuk merumuskanperencanaan strategi sistem informasi guna mendukung kinerja departemen. Hasil dari penelitian ini merupakan analisa bisnis portofolio yang dapat digunakan sebagai dasar acuan perencanaan strategi sistem informasi di MAN 1 Semarang.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:12
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16801

      Actions (login required)

      View Item