LUKMAN, SANDJAYA (2015) PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI PENGENALAN AKSARA JAWA KELAS IV DI SD NEGERI SRONDOL WETAN 04 BANYUMANIK SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (489Kb) | Preview | |
| PDF Download (4084b) | Preview |
Abstract
Bahasa Jawa di Sekolah Dasar merupakan bagian dari kurikulum muatan lokal (mulok) terdiri dari beberapa standar kompetensi diantaranya membaca dan menulis aksara Jawa. Berdasarkan pengamatan dalam pembelajaran membaca huruf Jawa guru cenderung menggunakan metode ceramah.Dengan metode ceramah tersebut, pembelajaran bahasa huruf jawa kurang interaktif, oleh karena itu diperlukan media pembelajaran baru untuk pengenalan aksara Jawa. Media pembelajaran merupakan sarana atau media yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar baik berupa media visual, audio maupun audio visual. Dengan adanya media pembelajaran interaktif aksara Jawa, guru dapat terbantu dalam menyampaikan materi aksara Jawa kepada siswa sehingga siswa menjadi tertarik dalam mempelajari aksara Jawa. Salah satu contoh media interaktif baru adalah Augmented Reality. Augmented Reality adalah teknologi dengan konsep menggabungkan dimensi dunia nyata dengan dimensi dunia maya yang ditampilkan secara realtime. Pada tugas akhir ini, dikembangkan sebuah aplikasi Augmented Reality yang ditujukan kepada guru sebagai alat pembelajaran huruf Jawa untuk siswa. Aplikasi ini dibuat dengan Vuforia SDK sebagai alat untuk mengembangkan Augmented Reality dengan Unity berbasis Android. Aplikasi pengenalan huruf Jawa yang menampilkan model 3 dimensi di layar perangkat Android dan mengeluarkan suara pelafalan huruf Jawa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 10:13 |
Last Modified: | 26 Nov 2015 10:13 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16910 |
Actions (login required)
View Item |