DIOTA, KRISTANTO WAHYU (2015) DESAIN SISTEM PENENTUAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN CUSTOMER SATISFACTION DI RUMAH SAKIT BANYUMANIK SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Meningkatnya jumlah penduduk yang sangat signifikan menjadi perhatianutamadalampelayanan kesehatan. Tujuan utama pelayanan kesehatan adalah mencapai kepuasan pengguna jaminan kesehatan yang diberikan oleh penyedia jasa layanan kesehatan.Rumah Sakit menjadikomponen utama dalam pelayanan BPJS. Rumah Sakit Banyumanik Semarang dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta BPJS untuk pasien rawat inap masih harus diukur apakah sudah memenuhi tingkat kepuasan pelayanan pasien atau belum. Hal ini menyebabkan diperlukannya upaya continuous improvement layanan Rumah Sakit yang meliputi proses perbaikan, perencanaan, dan peningkatan pelayanan kesehatan secara konsisten dan berkelanjutan berorientasi pada kepuasan pasien. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah dengan Quality Function Deployment (QFD). Hasil perhitungan dan analisa QFD pada Rumah Sakit Banyumanik Semarang menunjukkan bahwa atribut jasa pelayanan yang dianggap penting oleh pasien berdasarkan tingkat kepentingan adalah menjaga kerahasiaan pasien selama berada dalam ruang rawat inap dengan nilai 3,564; bedasarkan urutan kinerja adalah menjaga kerahasiaan pasien selama berada dalam ruang rawat inap dengan nilai 4,25; berdasarkan nilai urutan prioritas adalah pelatihan perawat untuk pelayanan pasien dengan nilai 19,8650. Hal kedepan yang dapat dilakukan untuk lebih meningkatkan pelayanan pasien adalah melakukan pengukuran kembali tentang kepuasan pasien dan melakukan analisis peningkatankepuasan konsumen dengan metode analisis fishbone diagram dansix sigma.
Actions (login required)