ELYS, SAPUTRI NOVITA (2015) Perancangan Game Edukasi Belajar ABACA Sebagai Upaya Pengenalan Huruf Pada Anak Usia Dini 1-5 Tahun. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Pengenalan huruf kepada anak usia dini melalui tulisan dirasa kurang efektif karena kurang menarik minat anak untuk memahaminya. Dibutuhkan adanya sebuah media baru yang dapat membantu anak untuk mengenal dan menghafal huruf. Penelitian dan perancangan yang dilakukan ini sebagai upaya pengenalan huruf kepada anak usia dini (1-5 tahun) sehingga anak mampu mengenal huruf sebelum memasuki sekolah lanjut. Melalui penelitian dengan metode kualitatif serta analisis data menggunakan metode 5W+1H di dapatkan salah satu masalah yang paling mendasar yang ditemukan dilapangan adalah bahwa anak-anak kurang bisa menghafal huruf yang sudah dikenalkan. Kebanyakan anak menghafal huruf hanya dengan bentuknya. Anak-anak berusia 1-5 tahun lebih menyukai bentuk gambar, gerakan dan suara dibandingkan tulisan. Game tidak hanya dapat digunakan sebagai sarana hiburan atau permainan tetapi dapat digunakan sebagai perantara untuk menyampikan informasi dan pendidikan. Tantangan dalam game akan memancing konsentrasi player untuk masuk dan mendalami permainangame. Game mobile berbasis Android yang saat ini banyak diminati oleh semua kalangan dan dianggap lebih praktis, menjadi pilihan dalam perancangan ini. Berdasarkan teori dan penelitian, Game dengan genre puzzle yang memberikan exposure yang tinggi pada karakter dan bentuk huruf dipilih sebagai media utama pengenalan huruf kepada anak usia dini. Bentuk huruf yang menjadi fokus utama dalam game dibangun berdasarkan referensi tertulis maupun referensi visual yang ada dan diberikan penyesuaian sehingga dapat dinikmati oleh anak-anak usia dini. Bentuk huruf dan penyampaiannya pun disederhanakan dan disesuaikan dengan gaya yang popular di kalangan anak usia dini.
Actions (login required)