UDiNus Repository

PEMANFAATAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING UNTUK MEMBANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT PADA BANK BTN CABANG UNGARAN

KURNIAWAN, RAMDHANI (2015) PEMANFAATAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING UNTUK MEMBANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT PADA BANK BTN CABANG UNGARAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (405Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Kredit adalah pemberian pinjaman oleh pihak lain yang akan dikembalikan pada suatu masa tertentu dengan jumlah bunga, imbalan atau pembagian hasil atau yang diterima sekarang akan dikembalikan pada masa yang akan datang sedangkan dalam arti ekonomi, kredit adalah penundaan. Salah satu bank yang memberikan jasa pinjaman kredit adalah Bank Tabungan Negara cabang Ungaran, makin banyaknya para calon nasabah yang mengajukan kredit dengan kondisi ekonomi yang berbeda-beda, menuntut ketelitian dalam pengambilan keputusan pemberian kredit, sehingga keputusan yang diambil merupakan keputusan yang terbaik bagi pihak bank dan pihak pemohon kredit. Dalam melakukan analisa pemberian kredit Bank BTN masih menggunakan cara yang konvensional dimana analis kredit melakukan perkiraan penghitungan sehingga menghasilkan nasabah yang sering menunggak dalam melakukan cicilan. Maka dari itu diperlukan adanya sistem yang dapat membantu pihak Bank untuk melakukan analisa penghitungan profile dari seorang yang mengajukan kredit. Sistem ini mampu melakukan analisa pendukung keputusan menggunakan metode SAW, dengan kriteria yaitu besar pinjaman, lama pinjaman, penghasilan, tanggungan, dan pekerjaan. Pada sistem ini dapat dilakukan pendataan nasabah, pendataan pengajuan serta pendataan penghitungan yang akan menghasilkan hasil perhitungan dengan menampilkan nama nasabah secara berurutan dari tinggi ke rendah berdasarkan penilaian akhir yang diperoleh setiap nasabah.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:14
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:14
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17015

      Actions (login required)

      View Item