UDiNus Repository

PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK ETAP) PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM SYARIAH (KSPS)

IDA, SETYANINGSIH AYU (2015) PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK ETAP) PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM SYARIAH (KSPS). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (398Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Penetapan SAK ETAP bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam menyusun laporan keuangannya sendiri dan membantu dalam menyajikan laporan keuangan yang relevan dan handal, sehingga informasi yang terkandung dalam laporan keuangan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji KSPS Makmur Batang dalam menerapkan penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan menggunakan RAT KSPS Makmur Batang tahun 2012-2013 sebagai sumber data. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan isi. Hasil penelitian adalah (1) laporan keuangan KSPS Makmur Batang belum sesuai SAK ETAP, yaitu (a) penyajian: kebijakan akuntansi hanya mengacu UU Perkoperasian Pasal 37 ayat (1) dan hanya menyajikan secara komparatif untuk laporan neraca; (b) pengukuran: dasar perhitungan dan umur ekonomis aktiva tetap tidak sesuai SAK ETAP; gedung untuk tahun 2012-2013 tidak disusutkan; pembagian SHU tidak disajikan pada laporan neraca keuangan; (c) tidak menyajikan laporan arus kas; (d) tidak menyajikan laporan perubahan ekuitas; (e) unsur-unsur CALK: tidak menyajikan informasi tentang dasar penyusunan laporan keuangan dan kebijakan akuntansi yang digunakan; tidak mengungkapkan informasi yang disyaratkan dalam SAK ETAP, tetapi tidak disajikan dalam laporan keuangan; dan tidak memberikan informasi tambahan yang tidak disajikan dalam laporan keuangan namun relevan untuk memahami laporan keuangan; dan (2) Laporan keuangan KSPS Makmur Batang belum sesuai SAK ETAP, karena disebabkan faktor internal dan faktor eksternal.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:20
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:20
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17128

      Actions (login required)

      View Item