RIZA, OKTAVIANA EVI (2015) PENGARUH PELAYANAN, LOKASI DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RS. BHAKTI WIRA TAMTAMA DI SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (hasil) yang dirasakan, dibandingkan dengan harapan. Puas tidaknya pasien diketahui setelah melakukan pembelian, tergantung pada kinerja tawaran dalam pemenuhan harapan pembeli. Jika kinerja berada dibawah harapan, pasien tidak puas. Jika kinerja memenuhi harapan, pasien puas. Jika kinerja melebihi harapan, pasien amat puas atau senang. Banyak faktor dapat mempengaruhi kepuasan pasien, diantaranya pelayanan, lokasi dan fasilitas. Obyek yang digunakan adalah pasien rawat jalan RS.Bhakti Wira Tamtama di Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pelayanan,lokasi dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat jalan RS.Bhakti Wira Tamtama di Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan RS.Bhakti Wira Tamtama, Jl.Dr.Sutomo No 17, Semarang yang jumlahnya tidak diketahui. Sampel yang diambil sebanyak 100 pasien rawat jalan, Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1). Pelayanan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. 2). Lokasi terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. 3). Fasilitas terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien.
Actions (login required)