UDiNus Repository

KALKULASI HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (ABC) (STUDI KASUS PADA PT. SINAR JAYA RIMBAWAN ASRI)

MUCHAMAD, FATRISNA YESSA (2015) KALKULASI HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (ABC) (STUDI KASUS PADA PT. SINAR JAYA RIMBAWAN ASRI). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (413Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Dengan memperhatikan kondisi penentuan biaya overhead yang dominan dan multiproduk, maka menarik untuk melakukan penelitian perhitungan kalkulasi harga pokok produksi melalui metode Activity Based Costing.karena metode Activity Based Costing peneliti anggap dapat memperbaiki keakuratan biaya produk dengan mengakui bahwa yang disebut sebagai biaya overhead tetap berubah-ubah dalam proporsi untuk merubah volume produksi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui penghitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode Activity Based Costing di PT. Sinar Jaya Rimbawan Asri dan (2) Untuk mengetahui perbedaan penerapan besarnya harga pokok produksi metode Akuntansi Biaya Tradisional dengan metode Activity Based Costing. Obyek pada penelitian ini adalah PT. Sinar Jaya Rimbawan Asri. Sumber jenis datanya adalah data primer dan sekunder yang berasal dari perusahaan. Alat pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Teknik analisisnya adalah deskriptif kualitatif menggunakan perhitungan Activity Based Costing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat ditarik kesimpulan: (1) Penghitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode Activity Based Costing di PT. Sinar Jaya Rimbawan Asri menggunakan tiga aktivitas cost driver yaitu cost driver setiap tingkat aktivitas yaitu unit, batch dan fasilitas. (2) Perbedaan penerapan besarnya harga pokok produksi metode Akuntansi Biaya Tradisional dengan metode Activity Based Costing mengalami selisih sebesar Rp 182.053,25 dimana untuk perhitungan dengan metode biaya tradisional sebesar Rp1.049.634 sedangkan untuk metode ABC sebesar Rp869.580,75.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:21
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:21
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17209

      Actions (login required)

      View Item