UDiNus Repository

PENERAPAN ACTIVITY BASED COSTING SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENGHITUNG TARIF SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN PADA SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG

OCKY, WICAKSONO SATRYA (2015) PENERAPAN ACTIVITY BASED COSTING SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENGHITUNG TARIF SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN PADA SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (439Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Sekolah saat ini harus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat agar dapat bertahan dalam industri pelayanan jasa Salah satunya adalah dengan meningkatkan perhitungan akan biaya-biaya. Metode Activity Based Costing (ABC) merupakan metode baru yang dapat meningkatkan ketelitian dalam perincian biaya, dan ketepatan pembebanan biaya lebih akurat. Metode ini mengidentifikasikan bermacam-macam aktivitas yang dikerjakan dalam suatu organisasi dan mengumpulkan biaya dengan dasar sifat yang ada dari aktivitas tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada SMA Institut Indonesia Semarang. Data ini diperoleh melalui wawancara dengan pihak sekolahan dan pemenuhan data yang dibutuhkan dalam penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif yaitu menentukan pemicu biaya, mengelompokkan biaya, menghitung tarif dan menganalisis harga Tarif SPP dengan metode Activity Based Costing (ABC), kemudian membandingkan Tarif SPP yang ditetapkan pihak SMA Institut Indonesia dengan metode Activity Based Costing (ABC). Berdasarkan hasil penelitian dalam menghitung tarif SPP pada SMA Institut Indonesia dengan menggunakan metode Activity Based Costing (ABC) mennunjukkan harga sebesar Rp 245.293.00. Sedangkan dalam perhitungan harga yang dilakukan pihak sekolahan menunjukkan harga sebesar Rp 290.000.00. Apabila dibandingkan dengan harga yang digunakan pihak sekolahan maka Activity Based Costing (ABC) memberikan hasil yang lebih kecil (overcost).

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:21
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:21
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17210

      Actions (login required)

      View Item