USEP, PRASETYONO (2015) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Dalam situasi persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan -perusahaan jasa atau penyedia-penyedia jasa harus dapat melihat faktor-faktor apa saja yang penting dan mempengaruhi kepuasan konsumennya demi kelangsungan bisnis perusahaan itu sendiri. Kepuasan pelanggan dan loyalitas adalah dua aspek penting dalam pencapaian keuntungan suatu perusahaan baik itu perusahaan penghasil barang atau jasa. Adapun yang dijadikan sebagai populasi adalah seluruh pelanggan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung. sampel yang diambil dalam penelitian diperoleh sebesar 96,04 kemudian dibulatkan menjadi 97 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah aksidental sampling. Aksidental sampling adalah teknik sampling berdasarkan kebetulan terhadap responden yang ditemui oleh peneliti. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara keandalan (reliability), daya tanggap (Responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) dan bukti fisik(tangibles) terhadap kepuasan pasien, artinya apabila keandalan (reliability ), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance ), empati (empathy) dan bukti fisik (tangibles) meningkat maka kepuasan pasien akan meningkat.
Actions (login required)