UDiNus Repository

EFEKTIVITAS TANAMAN TERATAI (Nympahea Firecrest) DAN ECENG GONDOK (Eichhornia Crassipes) DALAM MENURUNKAN KADAR BOD (Biochemical Oxygen Demand) PADA LIMBAH CAIR INDUSTRI TAHU

DHARMA, NINDRA YOGA (2015) EFEKTIVITAS TANAMAN TERATAI (Nympahea Firecrest) DAN ECENG GONDOK (Eichhornia Crassipes) DALAM MENURUNKAN KADAR BOD (Biochemical Oxygen Demand) PADA LIMBAH CAIR INDUSTRI TAHU. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (413Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Industri tahu pada umumnya banyak berbentuk usaha rumahan dan limbah yang dihasilkannya tidak dikelola terlebih dahulu, seperti yang ada di Kelurahan Lamper Kidul Kecamatan Semarang Selatan terdapat 3 pengrajin tahu rumahan yang belum memiliki pengolahan limbah, salah satunya yaitu usaha pengrajin Setia Makmur yang berlokasi di Jl. Cempedak Selatan RT 2 / RW 1 Kelurahan Lamper Kidul. Industri ini berdiri sudah 7 tahun tetapi belum memiliki pengolahan limbah tahu limbah yang dihasilkan terdapat dua jenis yaitu limbah cair dan padat, untuk limbah cair dibuang langsung keselokan lingkungan sekitar dan selanjunya menuju aliran sungai, sedangkan untuk limbah padat berupa ampas dijual ke pengusaha perternakan. Dalam satu hari bahan baku yang digunakan 50-100 kg kedelai limbah yang dihasilkan dapat mencapai 100-150 L air limbah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas tanaman teratai dan eceng gondok menurunkan kadar BOD pada limbah cair tahu. Jenis penelitian ini adalah Pra-Eksperimental Static Group Comparation Design dengan melibatkan kelompok kontrol. Penelitian ini melakukan replikasi sebanyak 5 kali pengulangan dari percobaan dasar, uji labolatorium menggunakan metode SNI 6989.72.2009 sampel yang diuji sebanyak 33 terdiri dari 30 sampel perlakuan dan 3 kontrol Hasil penelitian kadar BOD pada hari ke 6 belum sesuai dengan baku mutu yaitu, 784,7 mg/l pada tanaman teratai, 1131,38 mg/l tanaman eceng gondok baku mutu yang ditetapkan sesuai PERDA Jawa Tengah no. 5 tahun 2012 yaitu 150 mg/l. Yang telah sesuai dengan baku mutu pada perlakuan tanaman teratai pada hari ke 12 yaitu 57,42 mg/l dan hari ke 18 yaitu 63,44 mg/l, pada eceng gondok penurunan pada hari ke 12 yaitu 52,72 mg/l dan hari ke 18 yaitu 33,68 mg/l dari kadar BOD awal sebesar 1280 mg/l. Tanaman eceng gondok lebih efektif dalam menurunkan kadar BOD, karena dari hasil penelitian angka penurunan lebih rendah dan perawatan tanaman eceng gondok juga lebih mudah dibandingkan denan tanaman teratai, eceng gondok telah efektif dalam penurunan BOD pada hari ke 12. Industri skala rumah yang lokasinya berdekatan dalam membangun pengolahan limbah sebaiknya melakukan pembangunan secara bersama disatu lokasi yang sama, untuk mengurangi beban biaya operasional pembangunan pengolahan limbah.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17346

      Actions (login required)

      View Item