UDiNus Repository

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PETUGAS SERTA PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI PUSKESMAS KABUPATEN KENDAL TAHUN 2015

MUHAMMAD, FATHONI NUR (2015) GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PETUGAS SERTA PERSEPSI PASIEN TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI PUSKESMAS KABUPATEN KENDAL TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (277Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Jaminan Kesehatan Nasional adalah satu bentuk perlindungan social dibidang kesehatan untuk menjamin pemenuhan kebutuhan dasar kesehatan yang layak melalui penerapan system yang terkendali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap petugas serta persepsi pasien terhadap pelayanan rawat jalan Jaminan Kesehatan Nasional di Puskesmas Kabupaten Kendal Tahun 2015. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan cross sectional, dan teknik sampling menggunakan exidental. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan instrument berupa kuisioner. Populasi penelitian ini adalah petugas loket pendaftaran Puskesmas Kabupaten Kendal sebanyak 56 dan 280 pasien Jaminan Kesehatan Nasional yang berkunjung di pendaftaran selama penelitian ini berlangsung. Dari hasil penelitian menunjukan diketahui bahwa sebanyak 69,6 % petugas loket mempunyai tingkat pengetahuan yang cukup baik, sebanyak 19,6 % petugas loket mempunyai tingkat pengetahuan yang sangat baik dan sebanyak 10,7 % petugas loket mempunyai tingkat pengetahuan yang kurang baik. Selanjutnya diketahui bahwa sebanyak 67,9 % petugas loket mempunyai sikap sangat mendukung program JKN, sebanyak 23,2 % petugas loket mempunyai sikap yang cukup mendukung program JKN dan sebanyak 8,9 % petugas loket mempunyai sikap yang kurang mendukung program JKN. Dan presentase pasien yang mempunyai persepsi cukup baik pada petugas pelayanan loket sebanyak 54,3%, sebanyak 21,4 % pasien mempunyai persepsi yang sangat baik terhadap pelayanan loket, dan sebanyak 24,3 % pasien mempunyai persepsi kurang baik terhadap pelayanan loket.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17348

      Actions (login required)

      View Item