UDiNus Repository

Analisis Faktor-Faktor Kendala Pelaksanaan Nilai guna DRM di Filing Inaktif Rawat Inap di RSUD Dr. M Ashari Pemalang Tahun 2015

ALIKA, FAUZYAH (2015) Analisis Faktor-Faktor Kendala Pelaksanaan Nilai guna DRM di Filing Inaktif Rawat Inap di RSUD Dr. M Ashari Pemalang Tahun 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (52Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      ANALISA FAKTOR FAKTOR KENDALA PELAKSANAAN NILAI GUNA DRM DI FILING INAKTIF RAWAT INAP RSUD DR. M. ASHARI PEMALANG TAHUN 2015 Berdasarkan survey awal peneliti melakukan observasi di RSUD dr. M Ashari Pemalang. Kendala tidak terlaksananya nilai guna adalahbanyak lembar formulir yang kosong dan tidak diisikan oleh dokter maupun perawat. Cara pengumpulan data dilakukan dengan observasi yaitu melakukan pengamatan langsung obyek yang diteliti.Selain itu juga dilakukan dengan cara wawancara dengan kepala unit rekam medis dan petugas filing. Di RSUD dr. M Ashari petugas filing telah melaksanakan tugasnya tetapi masih ada beberapa yang belum dilaksanakan salah satunya adalah ikut serta dalam pelaksanaan nilai guna.Pada RSUD dr. M Ashari tidak terdapat prosedur tetap (protap) maupun kebijakan yang mengatur tentang nilai guna DRM sehingga nilai guna tidak dilaksanakan, selain itu kelengkapan dokumen juga tidak diperhatikan menyebabkan banyak dokumen kosong.Hal tersebut menjadi kendala tidak dilaksanakannya nilai guna. Berdasarkan hasil analisis kuntitatif dan kualitatif pada 20 DRM yaitu 10 DRM tindakan dan 10 DRM nontindakan didapatkan analisis kuntitatif 10 diagnosa nontindakan 20% lengkap dan 80% tidaklengkap, 10 dignosa dengan tindakan 40% lengkap dan 60% tidak lengkap. Analisis kualitatif 10 diagnosa nontindakan 20% konsisten dan 80% tidak konsisten, 10 diagnosa dengan tindakan 40% konsisten dan 60% tidak konsisten.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17360

      Actions (login required)

      View Item