UDiNus Repository

ANALISA KUANTITATIF DAN KUALITATIF DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP PADA PASIEN DENGUE HAEMORRHAGIC FEVER DI RUMAH SAKIT PERMATA MEDIKA SEMARANG PERIODE TRIWULAN I TAHUN 2015

DUWI, RANI LIDIA (2015) ANALISA KUANTITATIF DAN KUALITATIF DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP PADA PASIEN DENGUE HAEMORRHAGIC FEVER DI RUMAH SAKIT PERMATA MEDIKA SEMARANG PERIODE TRIWULAN I TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (166Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Rekam Medis adalah Dokumen yang sangat penting bagi suatu institusi kesehatan. Untuk mengetahui lengkap dan tidaknya berkas rekam medis maka perlu dilakukan analisa kuantitatif dan analisa kualitatif terhadap dokumen rekam medis pasien. Berdasarkan survey awal di RS. Permata Medika Semarang penulis menemukan ketidaklengkapan dalam pengisianformulir rekam medis pasien pada bagian analisa kuantitatif 80% dan analisa kualitatif 20%. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ketidaklengkapan pada dokumen rekam medis rawat inap penyakit dengue haemorrhagic fever periode triwulan I tahun 2015. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode observasi dan pendekatan cross sectional. Populasi sebanyak 178 DRM, dengan menggunakan penghitunganrumus sampel menurut Slovindidapatkan sebanyak 64 DRM sampelnya. Dan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 64 sampel didapatkan prosentase dari 8 review kuantitatif dan kualitatif menunjukkan bahwa review identifikasi 100% tidak lengkap, review pelaporan 50% tidak lengkap, review pencatatan 5% tidak lengkap, review autentifikasi 50% tidak lengkap, review kelengkapan dan kekonsistensian diagnosa 30% tidak lengkap, review kelengkapan dan kekonsistensian pencatatan diagnosa 0% tidak lengkap, review pencatatan saat perawatan dan pengobatan 45% tidak lengkap, review adanya informed consent 0% tidak lengkap. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan perlu adanya kesadaran dan kedisiplinan antara petugas yang bertugas untuk lebih bertanggung jawab atas pengisian dokumen rawat inap.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17389

      Actions (login required)

      View Item