UDiNus Repository

TINJAUAN FAKTOR PENYEBAB KETIDAKLENGKAPAN DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT JALAN Di BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT (BKPM) SEMARANG TAHUN 2015

WAHYATUNNISA, MAHARANI (2015) TINJAUAN FAKTOR PENYEBAB KETIDAKLENGKAPAN DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT JALAN Di BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT (BKPM) SEMARANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (49Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Ketidaklengkapan pengisian dokumen rekam medis merupakan salah satu dari indikator dari mutu pelayanan kesehatan sedangkan dokumen rekam yang lengkap berperan untuk menjaga kualitas mutu dari pelayanan kesehatan. Berdasarkan survei awal ditemukan dokumen rekam medis rawat jalan yang lengkap 40% dan dokumen rekam medis rawat jalan yang tidak lengkap 60%. Dari 10 sampel dokumen rekam medis rawat jalan yang diteliti kelengkapannya berdasarkan analisa kuantitatif dan pada analisa kualitatif dokumen rekam medis rawat jalan yang lengkap 70% dan dokumen rekam medis rawat jalan yang tidak lengkap 30%. Apabila ditemukan ketidaklengkapan pada dokumen rekam medis maka dibiarkan begitu saja dan tidak dilengkapi, akibatnya informasi yang dihasilkan tidak sepenuhnya lengkap dan tidak valid. Adapun tujuan penelitian mengetahui faktor penyebab ketidaklengkapan dokumen rekam medis rawat jalan di BKPM Semarang. Jenis penelitian menggunakan deskriptif yaitu untuk menggambarkan tentang ketidaklengkapan dokumen rekam medis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan objek 100 dokumen rekam medis rawat jalan dan subjek penelitian sebanyak 30 orang yang terdiri dari 6 petugas rekam medis, 13 perawat dan 11 dokter. Hasil penelitian berdasarkan wawancara terhadap subjek penelitian. Faktor penyebab ketidaklengkapan dari sumber daya manusia dan karakteristik petugas yang meliputi pengetahuan yang masih kurang (80,0%) tentang kelengkapan pengisian dokumen rekam medis, masa kerja, umur dan tingkat pendidikan juga mempengaruhi dalam pengisian dokumen rekam medis. Tidak adanya sarana prasarana seperti kartu kendali untuk menulis ketidaklengkapan dokumen rekam medis rawat jalan dan prosedur kerja yang tidak sepenuhnya dijalankan. Saran yang berkaitan dalam faktor penyebab ketidaklengkapan dokumen rekam medis rawat jalan yaitu memberikan pengarahan, pengetahuan dan pelayanan kepada petugas rekam medis, perawat dan dokter tentang arti penting kelengkapan pengisian dokumen rekam medis rawat jalan berupa identifikasi, autentifikasi, pelaporan dan pencatatan. Serta adanya saran kartu kendali untuk menulis ketidaklengkapan dan sosialisasi kembali tentang prosedur kerja isi dokumen rekam medis.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17407

      Actions (login required)

      View Item