UDiNus Repository

Faktor-faktor sekunder yang berhubungan dengan keluhan muskuloskeletal pada pekerja laundry di Kelurahan Muktiharjo Kidul Semarang Tahun 2015

PUPUT, FAJRI NUR (2015) Faktor-faktor sekunder yang berhubungan dengan keluhan muskuloskeletal pada pekerja laundry di Kelurahan Muktiharjo Kidul Semarang Tahun 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (359Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Keluhan muskuloskeletal adalah keluhan pada bagian-bagian otot rangka yang dirasakan oleh seseorang mulai dari keluhan ringan sampai sangat sakit. Berdasarkan hasil survey pendahuluan didapatkan hasil bahwa pekerja laundry adalah termasuk pekerja dengan risiko terhadap adanya keluhan muskuloskeletal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor sekunder yang berhubungan dengan keluhan muskuloskeletal pekerja laundry di kelurahan MuktiharjoKidul Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional dan data keluhan muskuloskeletal dilakukan dengan pemeriksaan tenaga medis. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Variabel yang diukur yaitu faktor sekunder (umur, lama kerja, masa kerja, kesegaran jasmani, indeks massa tubuh, getaran, mikroklimat/suhu ruang). Data primer dianalisa dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment,Rank Spearman, dan Point Biserial. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 pekerja laundry, dengan menggunakan teknik pengambilan total sampling. Hasil penelitian menunjukan (p value > 0,05) yang berarti tidak ada hubungan antara variabel penelitian dengan keluhan muskuloskeletal pada pekerja laundry. Variabel tersebut adalah umur, masa kerja, kesegaran jasmani, getaran dan mikroklimat/suhu ruang. Sedangkan lama kerja dan indeks massa tubuh (p value < 0,05) untuk hubungan keluhan muskuloskeletal yang berarti ada hubungan keluhan muskuloskeletal pada pekerja laundry. Berdasarkan penilaian dan pemeriksaan dari tenaga medis terhadap keluhan muskuloskeletal dengan metode palpasi serta menggunakan lembar skoring Nordic Body Map (NBM), mayoritas keluhan yang dirasakan pekerja laundry di wilayah kelurahan Muktiharjo Kidul adalah bagian pinggang dan pinggul. Bagi pengusaha agar secepatnya mengatur jam kerja menurut ketetapan Disnaker dalam UU No 13 tahun, dan bagi responden hendaknya tetap menjaga indeks massa tubuh dalam batas normal.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17408

      Actions (login required)

      View Item