UDiNus Repository

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Fungsi Paru Pada Pekerja Pembuat Batu Bata Di Kelurahan Penggaron Kidul Kecamatan Pedurungan Semarang Tahun 2015

YUANIKA, DEWI PERMATA (2015) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Fungsi Paru Pada Pekerja Pembuat Batu Bata Di Kelurahan Penggaron Kidul Kecamatan Pedurungan Semarang Tahun 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (326Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Pembuatan batu bata merupakan salah satu home industry informal yang mempunyai potensi paparan debu yang cukup banyak. Pada saat observasi awal didapatkan bahwa 10 pekerja mengeluh penyakit sesak nafas dan batuk-batuk. Pekerja juga tidak pernah melakukan cek kesehatan secara berkala dan masih banyak pekerja yang tidak menggunakan masker saat bekerja. Padahal tempat kerja yang penuh debu sangat berpotensi menimbulkan gangguan pernapasan bagi pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan fungsi paru pada pekerja pembuat batu bata Di Kelurahan Penggaron Kidul Kecamatan Pedurungan Semarang tahun 2015. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian studi observasional analitik kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara, pengukuran kapasitas vital paru dengan menggunakan spirometri serta pengukuran berat badan dan tinggi badan. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Uji statistik Chi-Square. Hasil pemeriksaan spirometri yang dilakukan terhadap 30 responden, menunjukkan 36,7% responden ada gangguan, dimana persentase gangguan terbesar yaitu Restriksi 20,0%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara masa kerja (p=0,002) dan kebiasaan menggunakan APD masker (p value = 0,004) dengan fungsi paru, serta tidak ada hubungan antara umur (p value = 0,510), jenis kelamin (p value = 0,156), kebiasaan merokok (p value = 1,000), kebiasaan berolahraga (p value = 1,000) dengan fungsi paru. Sehingga disarankan kepada pekerja untuk selalu memeriksakan kesehatan, selalu menggunakan masker pernapasan yang dapat menyaring debu dan terbuat dari kain dengan ukuran pori-pori tertentu, serta selalu mengganti masker secara rutin agar selalu layak untuk digunakan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17412

      Actions (login required)

      View Item