UDiNus Repository

ANALISIS SARANA PROTEKSI AKTIF DAN SARANA PENYELAMATAN JIWA DALAM ANTISIPASI BENCANA KEBAKARAN PADA RSUD UNGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2015

TAUFIQ, ZULFIKAR (2015) ANALISIS SARANA PROTEKSI AKTIF DAN SARANA PENYELAMATAN JIWA DALAM ANTISIPASI BENCANA KEBAKARAN PADA RSUD UNGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (379Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Kebakaran merupakan kecelakaan terbesar di dunia, Oleh karena itu, pencegahan kebakaran merupakan peranan penting dalam mencegah terjadinya kebakaran di suatu bangunan. Kebakaran juga sering terjadi pada instansi-instansi pemerintah seperti kantor dan rumah sakit. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan observasional dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan sistem proteksi kebakaran di RSUD Ungaran Kabupaten Semarang. Informan peneliti adalah orang-orang yang terlibat secara langsung dalam proses pengelolaan sarana proteksi aktif dan sarana penyelamatan jiwa kebakaran. Hasil penelitian menunjukkan hasil pemeriksaan tingkat pemenuhan sarana proteksi aktif di area RSUD Ungaran dengan nilai rata-rata 90,5%. Sehingga dapat dikatakan bahwa tingkat pemenuhan sarana proteksi aktif di area RSUD Ungaran adalah baik artinya sesuai dengan persyaratan perundang-undangan. Kemudian pemeriksaan tingkat pemenuhan sarana penyelamatan jiwa di area RSUD Ungaran dengan nilai rata-rata 73,08% . sehingga dapat dikatakan bahwa tingkat pemenuhan sarana penyelamatan jiwa di area RSUD Ungaran adalah cukup artinya sesuai dengan persyaratan perundang-undangan. Perlu adanya peninjauan ulang dari pihak RSUD Ungaran terhadap jumlah APAR yang tersedia disesuaikan dengan batas jarak antar APAR yang satu dengan yang lainnya. Penambahan debit air hidran menjadi 380 liter/menit. Pemindahan lahan parkir sehingga tempat area berkumpul dapat digunakan secara efektif. Sarana jalan keluar RSUD Ungaran perlu ditambah dengan diberi lapisan kasar dengan bahan anti slip. Pintu darurat di RSUD Ungaran perlu ditinjau ulang mengenai penggantian pintu darurat yang dapat menutup secara otomatis serta dilengkapi dengan push bar system.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17416

      Actions (login required)

      View Item