UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN SUBJEKTIF PERNAPASAN PADA PEDAGANG UNGGAS WANITA AKIBAT KONDISI UDARA DI RPU PENGGARON KOTA SEMARANG TAHUN 2015

NONA, SEPTANTIANA (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUHAN SUBJEKTIF PERNAPASAN PADA PEDAGANG UNGGAS WANITA AKIBAT KONDISI UDARA DI RPU PENGGARON KOTA SEMARANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (409Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Tingkat konsumsi daging ayam di Indonesia mengalami peningkatan pada Tahun 2012 sebesar 3,494 kg/kapita/tahun menjadi 3,650 kg/kapita/tahun pada Tahun 2013. Tingginya kebutuhan daging ini memberikan peluang usaha yang sangat baik bagi pelaku industri unggas, salah satunya adalah Rumah Pemotongan Unggas (RPU). Akan tetapi aktivitas yang berlangsung di RPU ini dapat memberikan dampak negatif bagi lingkungan yaitu pencemaran udara. Kondisi udara yang buruk ini akan mempengaruhi kesehatan pernapasan pada pedagang unggas di RPU Penggaron. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan keluhan subjektif pernapasan pada pedagang unggas wanita akibat kondisi udara di RPU Penggaron Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah explanatory study dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang unggas di RPU Penggaron sejumlah 86 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling, sehingga sampel penelitian berjumlah 52 responden dengan kriteria inklusi yaitu pedagang unggas wanita, berdagang di pasar unggas RPU Penggaron dan tidak memiliki riwayat penyakit asma dan alergi terhadap debu. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara masa kerja dengan keluhan subjektif pernapasan pada pedagang unggas wanita di RPU Penggaron (p-value 0,01). Tidak ada hubungan antara umur, lama kerja, lama paparan dan pemakaian APD dengan keluhan subjektif pernapasan pada pedagang unggas wanita di RPU Penggaron. Saran bagi pihak RPU Penggaron agar menetapkan aturan tentang kewajiban menggunakan masker bagi pedagang unggas, melakukan pengukuran kualitas udara di RPU Penggaron setiap tahun, melakukan pemeriksaan kesehatan pada pedagang unggas dan melakukan pembersihan secara menyeluruh di area pasar unggas RPU Penggaron.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17420

      Actions (login required)

      View Item