UDiNus Repository

PERBEDAAN PERSEPSI PADA PENGGUNA KONDOM DAN MOP DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDUNGMUNDU KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG TAHUN 2015

ELIA, RAKHMAWATI (2015) PERBEDAAN PERSEPSI PADA PENGGUNA KONDOM DAN MOP DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDUNGMUNDU KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (251Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Penerapan program KB di masyarakat sudah dikatakan berhasi. Namun penggunaan alat kontrasepsi pada wanita (93,66%) lebih banyak dibandingkan pada laki-laki (6,34%). Partisipasi pria sangat diperlukan dalam program KB khususnya dalam penggunaan alat kontrasepsi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan persepsi tentang keterlibatan laki-laki dalam program KB pada pengguna Kondom dan MOP (Metode Operasi Pria) di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu Kcematan Tembalang Kota Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan teknik quota sampling, diperoleh sampel sebesar 30 pengguna kondom dan 30 pengguna MOP. Data dianalisis menggunakan uji Independent T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan persepsi tentang keterlibatan laki-laki dalam program KB pada pengguna kondom dan MOP (p 0,11 < 0,05). Pada kelompok pengguna kondom dan MOP, keduanya mempunyai persepsi yang baik. Hanya 10% responden pengguna kondom yang memiliki persepsi kurang, sedangkan pada pengguna MOP, hanya 6,7% yang berpersepsi kurang. Responden tersebut berpersepsi bahwa keterlibatan laki-laki dalam KB (menggunakan alat kontrasepsi laki-laki) adalah hal yang memalukan dan tidak penting. Disarankan adanya sosialisai tentang KB untuk meningkatkan persepsi laki-laki yang masih kurang tentang pentingnya berpartisipasi dalam KB agar partisipasi laki-laki dalam ber KB dapat meningkat.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17422

      Actions (login required)

      View Item