UDiNus Repository

ANALISIS TINGKAT PEMENUHAN SARANA PROTEKSI DAN SARANA PENYELAMATAN KEBAKARAN PADA PT.PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) SEMARANG TAHUN 2015

ROSITA, PERTIWI LINDA (2015) ANALISIS TINGKAT PEMENUHAN SARANA PROTEKSI DAN SARANA PENYELAMATAN KEBAKARAN PADA PT.PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) SEMARANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (185Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Kebakaran merupakan suatu ancaman bagi keselamatan manusia, harta benda maupun lingkungan. Sumber penyebab kebakaran kebanyakan berawal dari kelalaian manusia, namun faktor alampun juga dapat menyebabkan terjadinya kebakaran. Kebakaran dapat terjadi dimana saja baik di perkotaan, tempat umum, hutan, pemukiman, maupun di kawasan industri. Mengelola kebakaran bukan sekedar menyediakan alat-alat pemadam, atau melakukan pelatihan pemadaman setiap setahun sekali, namun memerlukan progam dalam suatu sistem manajemen kebakaran. Tujuan penelitian untuk menganalisa tingkat pemenuhan sarana proteksi dan sarana penyalamatan jiwa pada PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Semarang. Jenis penelitian adalah diskriptif analisis, dimana mendiskripsikan tentang sistem sarana proteksi aktif dan sarana penyelamatan jiwa. Sedangkan metode penelitian adalah observasi, dimana peneliti menggunakan pengambilan data checklist sebagai alat pengumpul data. Analisis data yang digunakan bersifat terbuka dan pengujian dari data yang terkumpul kemudian disimpulkan. Data yang diperoleh dinilai berdasarkan peraturan Kepmen PU No 10/KPTS/2000, Permenaker No 04/MEN/1980, Permenaker No 02/MEN/1983 dan Standar Nasional Indonesia (SNI). Hasil penelitian menunjukan tingkat pemenuhan sistem proteksi kebakaran detektor, sprinkler, dan hidran tidak ada, sedangkan tingkat pemenuhan alarm sebesar 0% dan APAR sebesar 84.8%. Tingkat pemenuhan sistem penyelamatan jiwa jalan keluar, pintu darurat, lampu darurat sebesar 100%, sedangkan tingkat pemenuhan tempat berhimpun sebesar 40%, dan tingkat pemenuhan pengendalian asap tidak ada. Disarankan bagi PT Pelabuhan Indonesia III perlu pemasangan alarm disetiap area, menerapkan sistem detektor untuk mendeteksi dan menangani dengan cepat apabila terjadi kebakaran. Pemasangan rambu petunjuk penggunaan APAR agar mempermudah penggunaan untuk menggunakan APAR, tempat berhimpun perlu di tinjau ulang sebagai tempat berlindung, sistem pengendalian asap perlu di pasang dan ditinjau ulang.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17425

      Actions (login required)

      View Item