UDiNus Repository

RANCANGAN SISTEM PELAPORAN PENYAKIT ISPA BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PURWOYOSO TAHUN 2015

MEGI, SAPUTRA (2015) RANCANGAN SISTEM PELAPORAN PENYAKIT ISPA BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PURWOYOSO TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (408Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Sistem pencatatan dan pelaporan Puskesmas (SP3) penyakit ISPA yang di lakukan di Puskesmas Purwoyoso menghasilkan laporan yang berbentuk tabel yang berisi jumlah pasien yang terkena penyakit dan kode penyakit. Di Puskesmas Purwoyoso belum melakukan laporan yang berbentuk peta. Sistem informasi geografis sangat dibutuhkan di pelayanan kesehatan khusunya di Puskesmas, dengan adanya pelaporan yang berbasis SIG laporan yang ada akan lebih efisien. Tujuan penelitian ini adalah melakukan perancangan system pelaporan penyakit ISPA berbasis system informasi geografis di Wilayah kerja Puskesmas Purwoyoso. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional, dengan variable penelitian adalah data dan jenis laporan penyakit ISPA. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara kepada petugas pelaporan SP3 di Puskesmas Purwoyoso yang menghasilkan laporan data kesakitan Lb-1. Dengan memaparkan hasil penelitian yang diperoleh yaitu rancangan system informasi geografis penyakit ISPA yang berbentuk peta dengan menggunakan aplikasi MAPINFO. Data rekam medis yang berisi tentang identitas, jenis kelamin, umur dan diagnose pasien, dan jenis laporan yang dihasilkan hanya berbentuk tabel yang berisi tentang jumlah dan umur pasien yang terkena penyakit yang termasuk dalam laporan data kesakitan Lb-1. Belum adanya pelatihan menggunakan aplikasi MAPINFO menyulitkan petugas pelaporan dalam melakukan pelaporan yang berbasis system informasi geografis atau pemetaan. Laporan yang dibutuhkan Puskesmas Purwoyoso dalam bentuk peta yaitu distribusi penyakit ISPA per-triwulan. Sistem informasi geografis adalah pelaporan yang berbentuk peta yang digunakan oleh bagian pelaporan SP3. Untuk mendukung pelaporan berbasis system informasi geografis, maka diperlukan aplikasi MAPINFO untuk melakukan pemetaan, serta petugas terlatih. Petugas pelaporan di Puskesmas Purwoyoso sebaiknya mulai melakukan pelatihan dalam penggunaan aplikasi MAPINFO.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17455

      Actions (login required)

      View Item