UDiNus Repository

ANALISIS RISIKO PENYAKIT AKIBAT KERJA DAN KECELAKAAN KERJA PADA KARYAWAN SENTRA PENGASAPAN IKAN DI KELURAHAN BANDARHARJO SEMARANG 2015

ERLIANA, SUPRAPTI IMA (2015) ANALISIS RISIKO PENYAKIT AKIBAT KERJA DAN KECELAKAAN KERJA PADA KARYAWAN SENTRA PENGASAPAN IKAN DI KELURAHAN BANDARHARJO SEMARANG 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (515Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Sentra pengasapan ikan Bandarharjo adalah usaha home industri yang dilakukan disekitar rumah penduduk. Pengasapan ikan merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk mengawetkan dan memberi warna, aroma dan cita rasa yang khas. Dari survey awal terhadap responden penelitian didapati keluhan seperti terpapar tekanan panas, sakit mata, terpeleset, tergores benda tajam,tangan melepuh.Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan risiko penyakit akibat kerja dan kecelakaan kerja pada karyawan di Sentra Pengasapan Ikan Kelurahan Bandarharjo Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif observasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 15 karyawan. Sampel diambil dari 3 rumah usaha dimana setiap proses di pilih 1 karyawan yang mewakili disetiap proses. Data diperoleh dengan observasi dan wawancara. Hasil identifikasi menunjukkan dibagian produksi penyakit akibat kerja yang pernah dialami oleh para pekerja yaitu sakit mata, gangguan pernafasan, penyakit kulit, nyeri pada kaki, nyeri pada punggung, pegal-pegal, pusing. Kecelakaan yang pernah dialami adalah tertimpa barang, terjatuh.terpeleset, tergores benda tajam, tangan melepuh. Penyakit akibat kerja dan kecelakaan kerja bias terjadi karena factor lingkungan kerja, suhu yang panas, tidak disediakan alat pelindung diri. Pemilik pengasapan ikan harus lebih memperhatikan kondisi lingkungan kerja, menyediakan alat pelindung diri, memberikan pakaian kerja yang ringan dan cepat menyerap keringat dan menyediakan air yang mudah dijangkau oleh pekerja.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17458

      Actions (login required)

      View Item