UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTRA PENGETAHUAN PETUGAS LOKET PENDAFTARAN TENTANG BPJS DENGAN KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS SE KOTA SEMARANG TAHUN 2015

AKIDAH, BIDUNIYAH (2015) HUBUNGAN ANTRA PENGETAHUAN PETUGAS LOKET PENDAFTARAN TENTANG BPJS DENGAN KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS SE KOTA SEMARANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (430Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3996b) | Preview

      Abstract

      Dari survei awal yang dilakukan terhadap 20 orang pasien BPJS di Puskesmas Bandarharjo Semarang didapati bahwa pasien BPJS masih mengeluhkan pelayanan yang diberikan petugas loket pendaftaran puskesmas. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan petugas loket pendaftaran tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dengan kualitas pelayanan Puskesmas Bandarharjo Semarang Tahun 2015. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien BPJS di Puskesmas Bandarharjo Semarang selama Triwulan III (Juni, Juli, Agustus) 168 orang dengan sampel berjumlah 118 pasien yang diperoleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik analisis uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan petugas loket pendaftaran tentang BPJS berhubungan nyata dan signifikan dengan kualitas pelayanan Puskesmas Bandarharjo Semarang dengan nilai Spearman Rank sebesar 0,318 dengan Asymp. Sig. (2-sided) sebesar 0,000. Pengetahuan petugas loket pendaftaran tentang BPJS tergolong baik, yaitu 84 orang (71,91%) dan kualitas pelayanan puskesmas tergolong baik sebanyak 86 orang (72,88%). Tenaga kesehatan diharapkan dapat memberikan layanan BPJS secara maksimal, sehingga pasien BPJS di Puskesmas dapat semakin terpuaskan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17466

      Actions (login required)

      View Item