UDiNus Repository

ANALISA KUANTITATIF DAN KUALITATIF KETIDAKLENGKAPAN DOKUMEN REKAM MEDIS PADA PASIEN HIPERTENSI DI RS PANTI WILASA DR. CIPTO SEMARANG PERIODE TRIWULAN I TAHUN 2015

YULIANA, LARASWATI (2015) ANALISA KUANTITATIF DAN KUALITATIF KETIDAKLENGKAPAN DOKUMEN REKAM MEDIS PADA PASIEN HIPERTENSI DI RS PANTI WILASA DR. CIPTO SEMARANG PERIODE TRIWULAN I TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (116Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Dokumen rekam medis (DRM) dapat dijadikan sebagai tolak ukur mutu pelayanan suatu rumah sakit. Dimana mutu pelayanan ditentukan dengan analisa kuantitatif dan kualitatif menggunakan pendekatan Quality Assurance terhadap DRM tersebut. Penulis meneliti DRM kasus hipertensi (termasuk lima belas kasus terbanyak) di Rumah Sakit Panti Wilasa “Dr. Cipto” Semarang. Pada survey awal didapat bahwa 90% DRM hipertensi tidak lengkap. Tujuan untuk mengetahui gambaran umum analisa kuantitatif dan kualitatif ketidak lengkapan DRM kasus hipertensi periode triwulan I tahun 2015 di Rumah Sakit Panti Wilasa “Dr. Cipto” Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif denan metode observasi, ghecklist, melakukan analisa terhadap dokumenrekam medisrawat inap pada pasien hipertensi yang telah diisi. Sampel penelitian adalah 65 dokumen rekam medis rawat inap. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 65 sampel didapetkan prosentase dari 9 review kuantitatif dan kualitatif menunjukkan bahwa review identifikasi 22% tidak lengkap, review pelaporan 100% tidak lengkap, review pencatatan 100% tidak lengkap, review autentifikasi 100% tidak lengkap, review ketidak lengkapan dan kekonsistenan diagnose 5% tidak lengkap, review kelengkapan dan kekonsistenan pencatatan diagnose 12% tidak lengkap, review pencatatan hal-hal yang dilakukan saat perawatan dan pengobatan 5% tidak lengkap, review adanya informed consent 0% tidak lengkap, review cara atau praktek pencatatan 9% tidak lengkap. Disimpulkan dengan presentase Delinquent Medical Record mencapai 100% tidak lengkap. Melihat dari hasil Delinquent Medical Record 100% ketidaklengkapan maka penulis memberikan saran perlu adanya kesadaran dan kedisiplinan antara petugas dan dokter yang bertugas untuk lebih bertanggung jawab atas pengisian dokumen rawat inap.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17480

      Actions (login required)

      View Item