UDiNus Repository

ANALISIS PERBEDAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) BERDASARKAN KARAKTERISTIK SISWA SDN KROBOKAN SEMARANG TAHUN 2015

OTI, RISMASARI (2015) ANALISIS PERBEDAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) BERDASARKAN KARAKTERISTIK SISWA SDN KROBOKAN SEMARANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (236Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Data penyakit yang diderita oleh anak sekolah (SD) terkait perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah kecacingan 40-60%, anemia anak sebesar 23,2%, karies dan periodontal sebesar 74,4%. Data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2004 menyebutkan sekitar 3% anak-anak mulai merokok sejak kurang dari 10 tahun, dan 64% berada pada kelompok umur remaja (15-19 tahun). Berdasarkan survey awal yang peneliti lakukan terhadap 10 siswa/i SDN Krobokan Semarang, diperoleh hasil bahwa 7 orang memiliki phbs yang kurang baik, yakni tidak memiliki kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membuang sampah sembarangan, dan makan jajanan yang tidak sehat di depan sekolah.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) berdasarkan karakteristik siswa SDN Krobokan Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Dan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling sebesar 82 siswa/i kelas 4 dan 5 SDN Krobokan Semarang terhitung bulan Agustus 2015.Hasil penelitian ini adalah p value<0,05 (p value = 0,000) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, jadi ada perbedaan PHBS berdasar tingkat pengetahuan siswa. Diketahui p value>0,05 (p value = 0,981) jadi tidak ada perbedaan PHBS berdasar umur siswa. P value = 0,257 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak, jadi tidak ada perbedaan PHBS berdasar jenis kelamin siswa. Hasil uji beda PHBS berdasar tingkat pendidikan orang tua yaitu p value = 0,201 jadi Ho diterima Ha ditolak sehingga tidak ada perbedaan. P value = 0,002 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, jadi ada perbedaan PHBS berdasar tempat tinggal asal.Saran bagi pihak SDN Krobokan Semarang agar lebih meningkatkan lagi pengajaran tentang perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah. Pihak Orang Tua Siswa SDN Krobokan Semarang agar lebih utama memberikan contoh praktik PHBS yang baik dan benar dari lingkungan tempat tinggal asal terlebih dahulu, agar setelahnya sang anak dapat membawa kebiasaan perilaku tersebut di lingkungan sekolah dan sekitarnya.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17482

      Actions (login required)

      View Item