UDiNus Repository

KEPATUHAN PETUGAS TPPRJ DALAM PELAKSANAAN STANDAR PROSEDUR OPRASIONAL PENDAFTARAN PASIEN BPJS DI RS PANTIWILASA DR.CIPTO KOTA SEMARANG TAHUN 2015

PUJA, RISTYA VIKKA (2015) KEPATUHAN PETUGAS TPPRJ DALAM PELAKSANAAN STANDAR PROSEDUR OPRASIONAL PENDAFTARAN PASIEN BPJS DI RS PANTIWILASA DR.CIPTO KOTA SEMARANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (219Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Kepatuhan petugas berperan penting dalam pelaksanaa melayani pendaftaran yang baik di bagian TPPRJ pasien BPJS. Berdasarkan observasi dan pengamatan yang telah di lakukan di Rumah Sakit Pantiwilasa Dr.Ciptopeneliti melakukan survei awal di bagian TPPRJ pasien BPJS,peneliti menemukan pasien BPJS saat mendaftar tidak melengkapi syarat – syarat pendaftaran pasien. Syarat – syarat pendaftaran BPJS yaitu satu foto copy kartu BPJS,satu foto copy KTP, satu foto copy KK sudah tertera di loket pendaftaran BPJS. Dampak ketidak lengkapan pasien tidak melengkapi syarat pendaftaran salah satunya waktu pelayanan pasien menjadi lama, Hal tersebut mengakibatkan waktu tunggu panggilan pasien sesuai antrian menjadi lebih lama.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepatuhan petugas TPPRJ pasien BPJS terhadap prosedur tetap TPPRJ di Rumah Sakit Pantiwilasa Dr.Cipto Kota Semarang tahun 2015. Desain peneliti yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan melakukan wawancara langsung yaitu memberikan pertanyaan mengenai prosedur tetap TPPRJ pasien BPJS terhadap satu petugas TPPRJ. Analisa data dilakukan deskriptif menganalisis hasil-hasil penelitian berdasarkan teori yang dikemukakan. Sebagian petugas TPPRJ berusia 33 tahun dengan lama kerja 11 tahun dan berpendidikan SLTA. Hasil observasi terhadap pelaksanaan prosedur tetap menyatakan bahwa petugas TPPRJ pasien BPJS mematuhi prosedur tetap TPPRJ karena memiliki kepatuhan 16 dari seluruh aspek SOP. Jika dilihat dari aspek yang diamati ada aspek yang tidak dipatuhioleh petugas yaitu6,13. Yaitu (6) Teliti kartu BPJS,sudah sesuai dengan pasien apa belum, (13) Pastikan formulir SEP yang digunakan sudah benar (rawat jalan atau rawat inap) juga poli klinik yang dituju. Untuk meningkatkan kepatuhan petugas terhadap prosedur tetap perlu upaya pengawasan dan pengarahan kepada petugas dari Pimpinan Rumah Sakit dan Kepala Unit Rekam Medis.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17487

      Actions (login required)

      View Item