UDiNus Repository

EVALUASI MUTU DOKUMEN REKAM MEDIS DI BANGSAL HCU- STROKE RSUP DR KARIADI SEMARANG PERIODE PEBRUARI SAMPAI DENGAN MEI TAHUN 2015

BAMBANG, MUGIHARTO (2015) EVALUASI MUTU DOKUMEN REKAM MEDIS DI BANGSAL HCU- STROKE RSUP DR KARIADI SEMARANG PERIODE PEBRUARI SAMPAI DENGAN MEI TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (165Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      EVALUASI MUTU DOKUMEN REKAM MEDIS DI BANGSAL HCU-STROKE RSUP DR KARIADI SEMARANG PERIODE PEBRUARI SAMPAI DENGAN MEI TAHUN 2015” BAMBANG MUGIHARTO Rumah sakit merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan. Dalam memberikan pelayanan kesehatan rumah sakit harus mengutamakan pelayanan yang berorentasi pada peningkatan mutu kesehatan pasien.Pengelolaan dokumen rekam medis yang baik akan sangat membantu bagi kelangsungan rumah sakit. Berdasarkan hasil telusur dokumen rekam medis rawat inap di RSUP Dr Kariadi Semarang yang dilakukan pada bulan Pebruari 2013, hasil telusur itu hanya mencapai kelengkapan dokumen rekam medis rawat inap sebesar 55,6%. Hal inilah yang membuat pihak manajemen rumah sakit pada tahun selanjutnya mengambil suatu kebijakan untuk meningkatkan mutu dokumen rekam medis rawat inap dengan cara menempatkan petugas Penanggung Jawab Rekam Medis (PJRM) di setiap bangsal rawat inap. Dengan demikian penulis tertarik untuk melakukan analisa kuantitatif dokumen rekam medis rawat inap di bangsal HCU-Stroke RSUP Dr Kariadi Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode observasi dan pendekatan cross sectional. Populasi pada periode bulan Pebruari sampai dengan Mei 2015 di bangsal ini sebanyak 129 DRM rawat inap, sedangkan sampel yang diambil dan diteliti adalah sebanyak 57 DRM dengan metode teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisa kualitatif terhadap 57sampel dokumen rekam medis rawat inap,di dapat hasil review identifikasi 100% lengkap, review pencatatan 100% lengkap, review pelaporan 75% lengkap, review autentifikasi sebanyak 95% lengkap dan ketidaklengkapan dokumen rekam medis 28%. Merujuk dari hasil penelitian,ketidaklengkapan tertinggi terjadi pada review pelaporan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan mutu dokumen rekam medis rawat inap walaupun jauh dari harapan menejemen rumah sakit yang menargetkan kelengkapan 100%. Dengan demikian penulis menghimbau dan memberikan saran perlu adanya kedisiplinan dan integritas yang tinggi untuk petugas PJRM yang bertugas di bangsal rawat inap untuk lebih bertanggungjawab atas ketidaklengkapan pengisian dokumen rekam medis rawat inap.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17498

      Actions (login required)

      View Item