UDiNus Repository

RANCANG BANGUN ALAT PENGERING LIMBAH IKAN DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DAN DESIGN EXPERIMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN NILAI EKONOMI PENDAPATAN UKM IKAN ASAP

TITA, AHMAD LATIFAH (2015) RANCANG BANGUN ALAT PENGERING LIMBAH IKAN DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DAN DESIGN EXPERIMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN NILAI EKONOMI PENDAPATAN UKM IKAN ASAP. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (501Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Di Semarang, terdapat UKM Ikan Asap dengan hasil produksi 250kwintal dan menghasilkan limbah sampai 31kwintal per hari. Dalam pemasarannya produk ini kurang maksimal dikarenakan anggapan konsumen terhadap proses produksi yang kurang higienis. Sebagai bentuk inovasi, dilakukan pengeringan terhadap limbah ikan asap terutama bagian sirip dan ekor agar dapat dijual untuk menjadi bahan baku pembuatan tepung ikan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang bangun alat untuk mengolah limbah ikan di UKM Ikan Asap menggunakan metode QFD dan Design Experiment sebagai upaya meningkatkan nilai ekonomi pendapatan UKM Ikan Asap. Pengolahan data dengan menggunakan metode QFD didapat variabel yang perlu dikembangkan berdasar urutan prioritas yaitu kapasitas maksimal,bahan baku isolator yang baik, part mudah diganti dan dibersihkan, waktu pengeringan singkat dan konstruksi kuat. Untuk variabel mengenai kapasitas dan waktu pengeringan ditentukan dengan metode Design Experiment, dengan hasil dibutuhkan waktu kurang lebih 7jam untuk kapasitas limbah maksimal seberat 10kg. Dari kedua metode tersebut dihasilkan rancangan alat pengering limbah ikan dengan dimensi 100x100x100cm, terbuat dari rangka besi galvanis dan ditutupi dengan kaca. Loyang terbuat dari kasa besi sehingga ringan dan mudah dibersihkan. Sumber energi tambahan dengan heater 350watt dari yang seharusnya 796watt. Total biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan alat sebesar Rp 2.800.000,- dan dengan adanya alat ini dapat meningkatkan pendapatan pelaku UKM sebanyak Rp 11.530,-/proses pengeringan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
      T Technology > Teknik Industri
      Divisions: Fakultas Teknik
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:32
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:32
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17512

      Actions (login required)

      View Item