UDiNus Repository

PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN DESAIN PRODUK MEJA WARUNG/CAFE LESEHAN MULTIFUNGSI YANG ERGONOMIS MENGGUNAKAN METODE ERGONOMIC FUNCTION DEPLOYMENT (EFD)

TRI, NOVIANTO (2015) PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN DESAIN PRODUK MEJA WARUNG/CAFE LESEHAN MULTIFUNGSI YANG ERGONOMIS MENGGUNAKAN METODE ERGONOMIC FUNCTION DEPLOYMENT (EFD). Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (675Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Lesehan merupakan suatu budaya dalam hal memperjualbelikan makanan atau sesuatu barang sembari duduk di tikar/lantai. Warung/café lesehan banyak diminati karena selain menyediakan makanan dengan cita rasa yang enak juga menyediakan tempat/ruangan yang santai dan nyaman bagi konsumennya, dengan semakin banyaknya warung/café lesehan, pemilik dituntut tidak hanya mengedepankan mutu makanan, pelayanan, dan fasilitas akan tetapi juga mampu melakukan inovasi terhadap meja lesehan yang digunakan oleh konsumen. Berdasarkan hasil wawancara, pemilik warung/café lehan berpendapat bahwa meja lesehan yang digunakan kurang praktis sehingga semua item (alas duduk, nomor meja, tisu, dll) tidak dapat tersimpan dalam meja lesehan yang ada. Sedangkan menurut pelanggan berpendapat bahwa meja yang digunakan memiliki kekurangan sebagai berikut: (1) meja terlalu kecil, (2) meja kurang nyaman karena tidak sesuai dimensi tubuh manusia, (3) tidak ada hiburan pada meja. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan rancangan meja lesehan sesuai dengan keinginan responden yang berbasis Ergonomic Function Deployment (EFD). EFD merupakan pengembangan dari QFD yaitu dengan menambahkan hubungan baru antara keinginan konsumen dan aspek ergonomi dari produk. Atribut produk yang digunakan diturunkan dari aspek ergonomi yaitu ENASE (Efektif, Nyaman, Aman, Sehat, dan Efisien). Berdasarkan prinsip ENASE maka dapat diketahui kebutuhan konsumen terhadap produk, kemudian perancangan meja lesehan didasari dari kebutuhan responden tersebut. Meja lesehan yang dihasilkan memiliki spesifikasi yaitu meja lebih praktis, terdapat fitur permainan, ergonomis, bahan baku menggunakan multiplek dan kayu mahoni, finishing dengan cara pelapisan bahan decofil. Berdasarkan metode antropometri mengenai ergonomi produk, meja memiliki dimensi minimalis 70x70x40(cm) dan maksimalis 140x70x40(cm).

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
      T Technology > Teknik Industri
      Divisions: Fakultas Teknik
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:32
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:32
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17517

      Actions (login required)

      View Item