UDiNus Repository

RANCANG BANGUN PROTOTYPE ALAT PENYULING AIR LAUT MENJADI GARAM DAN AIR BERSIH YANG ERGONOMIS MENGGUNAKAN METODE RASIONAL

DAMAR, SANCOKO (2015) RANCANG BANGUN PROTOTYPE ALAT PENYULING AIR LAUT MENJADI GARAM DAN AIR BERSIH YANG ERGONOMIS MENGGUNAKAN METODE RASIONAL. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (201Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Kebutuhan garam nasional sekitar 1,839 juta ton per tahun terdiri atas garam konsumsi 855.000 ton dan garam industri 984.000 ton.Kebutuhan garam untuk industri sudah menempati urutan teratas yaitu 76%,. Kebutuhan garam konsumsi untuk makanan merupakan 72%. Kabupaten Rembang sebagai penghasil garam terbesar di Jawa dapat menghasilkan garam industi 60-600 ton/bulan dan garam konsumsi 21-120 ton/bulan dan setiap tahunnya Kabupaten Rembang terlanda kekeringan di pesisir laut sebanyak 41 desa yang terseber di kecamatan Kabupaten Rembang. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi untuk mengurangi ketergantungan proses pengolahan garam dengan energi panas matahari dan mengatasi krisis air bersih maka di buat alat pengering dan pentuling air laut. Dimensi alat rancangan untuk pekerja dengan tinggi 140 cm, panjang 81 cm dan lebar alat 40 cm. Alat pengering dan penyuling air laut ini dirancang menggunakan metode rasional, metode rasional ini memiliki 7 tahapan antara lain clarifying objectives, establishing function, setting requirement, determining characteristics, generating alternatives, evaluating alternatives dan improving details.Dari perhitungan menggunakan metode rasional alternatif yang dipilih untuk material produk ialah kerangka besi, dandang stainless, kondensor besi, pendingin kondensor plastik dan penampung air plastik. Hasil percobaan pengeringan dan penyulingan air laut menjadi garam dengan data air bersih sebanyak 30 sampel per 15 manit, menunjukkan skala Ph dan TDS (Total Dissolved Solid). Kadar pH air dari sampel awal 9,3 sampai sampel ke-30 yaitu 8,6 dengan batasan pH air bersih 9 dan kadar TDS sample awal 195 ppm sampai sample ke-30 yaitu 45 ppm dengan batasan maksimum 1000 ppm untuk air bersih.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
      T Technology > Teknik Industri
      Divisions: Fakultas Teknik
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:32
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:32
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17519

      Actions (login required)

      View Item