UDiNus Repository

PERANCANGAN MEJA KERJA KHUSUS RECYCLE SAMPAH ELEKTRONIK YANG ERGONOMIS MENGGUNAKAN METODE ERGONOMIC FUNCTION DEPLOYMENT (EFD)

RINA, ASTUTIK (2015) PERANCANGAN MEJA KERJA KHUSUS RECYCLE SAMPAH ELEKTRONIK YANG ERGONOMIS MENGGUNAKAN METODE ERGONOMIC FUNCTION DEPLOYMENT (EFD). Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (81Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Daur ulang sampah elektronik sering dilakukan oleh sektor informal dengan biaya murah, seperti pengepul sampah elektronik bersakala home industry. Dalam prosesnya, pekerja banyak melakukan aktivitas membungkuk dan jongkok sambil jalan bergeser dalam waktu yang cukup lama. M elihat kondisi kerja di atas, perlu dilakukan perancangan alat bantu proses pengolahan sampah elektronik yang berupa meja kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang produk meja kerja khusus recycle sampah elektronik yang ergonomis sesuai dengan kebutuhan pekerja melalui pendekatan metode Ergonomic Function Deployment (EFD). Pengolahan data dengan menggunakan metode EFD didapat variabel yang perlu dikembangkan berdasar urutan prioritas yaitu bentuk meja kerja ergonomis, waktu pembongkaran lebih singkat, hasil bongkaran lebih banyak, meja kerja dapat mengurangi pegal pada punggung dan dimensi meja kerja sesuai dengan bentuk tubuh operator. Dimensi anthropometri yang digunakan adalah tinggi siku duduk (Tsd), tinggi polipteal duduk (Tpd), tinggi lutut duduk (Tld), tinggi bahu duduk (Tbd), rentang tangan ke samping ,rentang tangan ke depan, panjang lengan atas dan panjang lengan bawah. Berdasarkan metode tersebut dihasilkan rancangan meja kerja khusus recycle sampah elektronik dengan dimensi 142,5x100x76cm, berbahan multiplek dan kaki penyangga dari besi hollow. Total biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan meja sebesar Rp 2.054.000,- dan dengan menggunakan meja ini dapat mempercepat proses pekerjaan rata-rata 2,36 menit.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
      T Technology > Teknik Industri
      Divisions: Fakultas Teknik
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:32
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:32
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17525

      Actions (login required)

      View Item