UDiNus Repository

PENGARUH PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN INDO JAYA RENT DI SEMARANG INDO JAYA RENT DI SEMARANG”.

SUPRIYANTO, (2015) PENGARUH PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN INDO JAYA RENT DI SEMARANG INDO JAYA RENT DI SEMARANG”. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (125Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3570b) | Preview

      Abstract

      Kepuasan konsumen merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan. Puas tidaknya konsumen diketahui setelah melakukan pembelian, tergantung pada kinerja tawaran dalam pemenuhan harapan pembeli. Jika kinerja berada di bawah harapan, konsumen tidak puas. Jika kinerja memenuhi harapan, konsumen puas. Jika kinerja melebihi harapan, konsumen amat puas atau senang. Banyak faktor dapat mempengaruhi kepuasan konsumen, seperti pelayanan, harga dan lokasi. Obyek penelitian ini adalah Indo Jaya Rent yang terletak di Jl. Sri Rejeki Dalam No. 7, RT 08, RW 03 Semarang merupakan salah satu perusahaan rental mobil terbesar dan juga memiliki cukup banyak pelanggan. Adanya persaingan yang ketat dalam bisnis jasa travel, maka berdampak pada jumlah konsumen yang mengalami penurunan. Berdasarkan data, konsumen yang menggunakan jasanya rata-rata menurun 1,16%. Berdasarkan uraian tersebut, maka judul dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen rental mobil Indo Jaya Rent Di Semarang.; Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan rental mobil Indo Jaya Rent yang terletak di Jl. Sri Rejeki Dalam No. 7, RT 08, RW 03 Semarang dengan rata-rata konsumen setiap bulan selama tahun 2014 sebanyak 331 konsumen. Dengan metode Slovin diperoleh sampel sebanyak 77 konsumen. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan regresi berganda. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi menunjukkan bahwa : (1). Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. (2). Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. (3). Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
      T Technology > Teknik Industri
      Divisions: Fakultas Teknik
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:33
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:33
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17533

      Actions (login required)

      View Item