UDiNus Repository

Perancangan Alat Hybrid Penggiling Daging, Pengaduk Adonan dan Pencetak Bakso menggunakan Metode Kansei Engineering dan Quality Function Deployment (QFD)

RENDI, SANTOSO (2015) Perancangan Alat Hybrid Penggiling Daging, Pengaduk Adonan dan Pencetak Bakso menggunakan Metode Kansei Engineering dan Quality Function Deployment (QFD). Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (672Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4047b) | Preview

      Abstract

      Proses produksi bakso terdiri dari mesin penggilingan daging dan pencampuran adonan serta pencetakan bakso yang saat ini banyak dilakukan secara manual. Berdasarkan hasil wawancara dengan responden yaitu pelaku usaha bakso, alat yang sudah ada saat ini masih mahal, pencetakannya manual dan sulit dioperasikan bagi pelaku usaha bakso biasanya. Dalam penelitian ini, perumusan masalahnya yaitu bagaimana merancang Alat Hybrid Penggiling Daging, Pengaduk Adonan dan Pencetak Bakso yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dengan menggunakan metode Kansei Engineering dan Quality Function Deployment (QFD). Tujuan penelitiannya yaitu menghasilkan suatu rancangan Alat Hybrid Penggiling Daging, Pengaduk Adonan dan Pencetak Bakso yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dengan menggunakan metode Kansei Engineering dan Quality Function Deployment (QFD). Penerapan metode Kansei dan QFD menghasilkan prioritas kebutuhan konsumen yang pertama ialah alat mudah dioperasikan yaitu informatif dan komunikatif, prioritas kedua alat mudah dirawat yaitu mudah diganti & dibersihkan, prioritas ketiga kecepatan alat 2800 rpm, prioritas keempat harga alat yang kompetitif yaitu < Rp 40.000.000, prioritas kelima variasi bentuk cetakan sebanyak 4 jenis, prioritas keenam posisi kerja operator secara berdiri, prioritas ketujuh dimensi alat yang sesuai dengan antropometri dan prioritas terakhir kapasitas produksi sebesar 5-10kg/proses. Dimensi alat yang didapatkan berdasarkan perhitungan antropometri ialah (820 x 1200 x 1050) mm.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
      T Technology > Teknik Industri
      Divisions: Fakultas Teknik
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:33
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:33
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17548

      Actions (login required)

      View Item