UDiNus Repository

Analisis Kebijakan Perawatan dan Penentuan jumlah Persediaan Suku Cadang Roll Karet Yang Optimal Pada Mesin Cetak Goss Community

BUYUNG, WIDIATAMA (2015) Analisis Kebijakan Perawatan dan Penentuan jumlah Persediaan Suku Cadang Roll Karet Yang Optimal Pada Mesin Cetak Goss Community. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (407Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      PT. Masscom Graphy Semarang merupakan perusahaan percetakan dan penerbitan. Pada awal berdirinya PT. Masscom Graphy hanya mencetak Harian Suara Merdeka, tetapi kemudian berkembang pada pekerjaan lain, antara lain Cetak Surat Kabar, Cetakan Tabloid, Cetakan Majalah, Cetakan Umum, Cetakan Buku yang diproduksi melalui mesin-mesin Goss Urbanite, Goss Community, Manugraf. Penelitian ini mendeskripsikan pemilihan kebijakan repair dan preventive maintenance untuk mesin cetak Goss Community pada komponen Roll Karet dan penentuan jumlah persediaan suku cadang Roll Karet yang optimal, dimana pada komponen ini frekuensi kerusakan tinggi. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan suatu penelitian untuk memilih kebijakan repair dan preventive maintenance yang efektif dan efisien dengan mempertimbangkan faktor biaya, frekuensi breakdown dan waktu downtime. Tahapan yang digunakan dalam penyelesaian masalah dengan menentukan distribusi frekuensi breakdown, menghitung biaya kebijakan perawatan, memilih alternatife kebijakan berdasarkan besarnya biaya perawatan untuk komponen Roll Karet. Dari hasil pengolahan dan analisa data, diperoleh alternatif kebijakan repair dan preventive maintenance sebagai alternatif yang dapat menurunkan biaya perawatan dan frekuensi breakdown. Dari hasil perhitungan pada pengolahan data diperoleh hasil Repair sebesar Rp. 6.538.461,25. Sedangkan hasil Preventive Maintenance dengan periode n = 4 sekali sebesar Rp. 5.089.969,593. Dapat dilihat bahwa biaya Preventive Maintenance lebih kecil dibandingkan dengan Repair. Sehingga kebijakan Preventive Maintenance merupakan kebijakan yang sebaiknya digunakan oleh perusahaan. Sedangkan untuk pengendalian persediaan yang optimal didasarkan interval waktu penggantian konstan untuk Preventive Maintenance komponen Roll Karet diperoleh dengan lead time 2 minggu, jumlah pemesanan minimum 3 unit, frekuensi pemesanan 9 kali, waktu interval pemesanan 40 hari, pemesanan kembali 3 unit, dengan total biaya minimum Rp.48.292.420.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
      T Technology > Teknik Industri
      Divisions: Fakultas Teknik
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:33
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:33
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17552

      Actions (login required)

      View Item