UDiNus Repository

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM, STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI INDONESIA PADA TAHUN 2006 - 2011

IKA, SARI PURWANTI (2015) FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING SAHAM, STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI INDONESIA PADA TAHUN 2006 - 2011. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (422Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Underpricing adalah suatu keadaan dimana harga saham pada saat penawaran perdana lebih rendah dibandingkan dengan ketika pada saat diperdagangkan di pasar sekunder. Underpricing adalah suatu fenomena yang sangat sering dan umum terjadi di pasar modal maupun pada saat emiten melakukan IPO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat Underpricing. Variabel-variabel yang diteliti antara lain, return on equity (ROE) ukuran perusahaan (SIZE) dan financial leverage (FIN_LEV) pada perusahaan Publik di Indonesia pada Tahun 2006-2011 . Populasi dalam penelitian ini sejumlah 105 perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2006-2011. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 65 perusahaan. Model analisis yang digunakan adalah model analisis regresi berganda (multiple regression). Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa secara parsial variabel SIZE negatif tidak berpengaruh terhadap underpricing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial hanya variabel return on equty (ROE) dan financial leverage (FIN_LEV) yang berpengaruh secara signifikan terhadap underpricing, sedangkan variabel ukuran perusahaan (SIZE) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap underpricing. Dan secara bersama-sama variabel variabel return on equity (ROE), ukuran perusahaan (SIZE), dan financial leverage (FIN_LEV) memberikan sumbangan sebesar 21,6% dalam menjelaskan underpricing, sedangkan sisanya 78,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar model. Penelitian ini diharapkan dapat memberi tambahan informasi kepada investor dan calon investor dalam melakukan strategi investasi di pasar modal, sehingga dapat mengambil keputusan investasi yang dapat mendatangkan keuntungan dan digunakan sebagai pertimbangan, khususnya yang berkaitan dengan masalah keterbukaan informasi bila akan melakukan initial public offering (IPO) untuk memperoleh harga yang optimal.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:47
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:47
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17569

      Actions (login required)

      View Item