UDiNus Repository

PERHITUNGAN HARGA POKOK PROUKSI GUNA MENINGKATKAN KEAKURATAN LABA DENGAN METODE JOINT COST PADA UMKM PADEPOKAN SUKET SEGORO

TOFAN, MAWARDHI DWI (2015) PERHITUNGAN HARGA POKOK PROUKSI GUNA MENINGKATKAN KEAKURATAN LABA DENGAN METODE JOINT COST PADA UMKM PADEPOKAN SUKET SEGORO. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (324Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Dalam dunia bisnis, persaingan antar perusahaan merupakan hal yang wajar. Setiap perusahaan berusaha menawarkan produk mereka dengan keunggulan masing-masing. Selain bersaing dalam hal kualitas, mereka juga bersaing dalam masalah harga, karena hanya produk dengan kualitas terbaik dan harga paling murah, yang paling diminati dan dicari oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Harga Pokok Produksi minuman jelly rumput laut dengan metode full costing sesuai dengan kaidah akuntansi biaya pada UMKM Padepokan Suket Segoro dan untuk mengevaluasi perbedaan penetapan harga pokok produksi minuman jelly rumput laut berdasarkan full costing dengan cara penerapan yang dilakukan perusahaan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yang dilakukan penelitian ini adalah dengan melakukan peninjauan langsung yaitu pelaku usaha untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan informasi lebih jelas metode tenhik wawancara dilakukan dengan melakukan tatap mata langsung dengan pemilik dan karyawan usaha UMKM Padepokan Suket Segoro, yang dapat memberikan data dan informasi yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, UMKM Padepokan Suket Segoro belum menerapkan metode akuntansi dalam menentukan harga pokok produksi. Dengan menggunakan metode perusahaan diperoleh harga pokok produksi yang lebih rendah dibandingkan dengan metode full costing yaitu Rp. 5.305.882 dan menggunakan full costing sebesar Rp. 5.419.545, dikarenakan metode perusahaan belum menghitung biaya overhead pabrik sedangkan metode full costing sudah menggunakan biaya overhead pabrik. Dalam menentukan harga jual UMKM Padepokan Suket Segoro)menggunakan perhitungan perusahaan. Perbandingan dalam menentukan harga jual antara metode perusahaan dengan joint cost didapatkan hasil keuntungan lebih tinggi pada metode perusahaan dibanding metode joint cost, dengan rincian metode perusahaan Rp. 2.194.118 dan metode joint cost sebesar Rp. 2.074.455, hal ini terjadi karena metode joint cost sudah menghitung biaya overhead pabrik.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:47
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:47
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17571

      Actions (login required)

      View Item